Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Puluhan Anak Yatim Sukabumi Diajak Berbelanja Kebutuhan Lebaran

Senin 27 Jun 2016 17:08 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Karta Raharja Ucu

Anak Yatim, ilustrasi

Anak Yatim, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sebanyak 57 anak yatim piatu di Kota/Kabupaten Sukabumi diajak berbelanja kebutuhan lebaran. Salah satunya dengan membeli pakaian baru di toko pakaian yang ada di Kota Sukabumi, Senin (27/6).

Kegiatan sosial tersebut digagas Hijabers Mom Community (HMC) Sukabumi. Para hijabers ini mengumpulkan dana secara sukarela untuk membantu puluhan anak yatim piatu.

"Kami ingin melihat anak yatim bisa berlebaran,’’ ujar Ketua Panitia Belanja Kebutuhan Lebaran Anak Yatim HMC Sukabumi,  Vika Lestari kepada Republika.co.id. Di mana, jumlah anak yatim piatu yang mendapatkan bantuan ini mencapai sebanak 57 orang.

Mereka ungkap Vika, berasal dari wilayah Kota maupun Kabupaten Sukabumi. Khususnya, anak yatim piatu yang belum terjamah panti asuhan atau donatur.

Vika menerangkan, setiap anak yatim diarahkan untuk membeli kebutuhan lebaran di toko pakaian yang ditunjuk. Setiap anak yatim diharuskan membelanjakan dana tidak boleh kurang dari Rp 150 ribu.

Menurut Vika, anak-anak akan mempunyai kepuasan jika membeli pakaian atau kebutuhan lainnya sesuai dengan keinginan sendiri. Diakui dia, program belanja kebutuhan lebaran untuk anak yatim ini baru pertama kali dilakukan HMC. Ke depan, kegiatan ini akan terus digaitkan untuk membantu anak yatim piatu yang tergolong miskin.

"Melihat senyum anak-anak ketika berbelanja kebutuhan lebaran akan semakin meningkatkan semangat ibu-ibu untuk beramal," ucap Vika. Sehingga harapannya jumlah penerima bantuan ini akan meningkat pada tahun depan. Wakil Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, kegiatan sosial yang dilakukan HMC Sukabumi ini cukup unik.

"Apa yang dibutuhkan anak untuk lebaran bisa langsung terpenuhi,’’ kata dia ketika mengunjungi kegiatan sosial tersebut.

Fahmi menerangkan, kegiatan semacam ini bisa menjadi contoh bagi yang lain. Harapannya, Ramadhan ini dijadikan momentum untuk saling berbagi dengan warga yang kurang mampu.

Salah seorang anak yatim Chika (10 tahun) warga Selabintana, Kabupaten Sukabumi mengatakan, ia merasa gembira bisa berbelanja kebutuhan Lebaran. "Senang bisa beli pakaian baru untuk Lebaran,’’ ujar dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA