Sunday, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Sunday, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Pradi Sidak Peredaran Barang tak Layak di Supermarket

Sabtu 02 Jul 2016 19:32 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Angga Indrawan

Walikota Depok Idris Abdul Shomad dan Wakil Walikota Depok  Pradi Supriatna

Walikota Depok Idris Abdul Shomad dan Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna

Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Wakil Wali kota Depok, Pradi Supriatna, melakukan Sidak Barang Kedaluwarsa di dua Supermarket Superindo dan Giant di Cinere, Depok, Sabtu (2/7). Saat sidak, Pradi didampingi petugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang membawa lengkap alat uji sampel untuk menguji langsung beberapa makanan yang diduga mengandung formalin dan pewarna.

"Ini upaya mencegah maraknya peredaran barang yang sudah tidak layak menjelang lebaran," kata Pradi.

Beberapa makanan yang diuji antara lain tahu pong, bakso ikan, minuman rumput laut katoni, dan makanan dalam kemasan untuk diperiksa tanggal kadaluarsanya.

Berdasarkan hasil uji sampel tersebut, tidak ditemukan adanya kandungan formalin, borak, atau pewarna tekstil. "Semua hasil tes negatif, Alhamdulillah warga Depok bisa mengonsumsi makanan yang berasal dari Supermarket ini dengan rasa aman," terang Pradi

Dia juga mengimbau kepada para konsumen agar jeli memilih barang sebelum membeli karena barang yang terlihat bersih belum tentu aman.

"Walaupun sudah masuk supermarket, kita harus tetap waspada. Tidak ada yang bisa menjamin makanan ini sehat kecuali proteksi dari diri kita sendiri. Barang dalam kemasan yang bagus belum tentu aman, cek selalu tanggal kadaluarsa dan kandungan yang ada di dalamnya," kata Pradi.

Lanjut Pradi, sebaiknya produsen juga melakukan uji kelayakan makanan yang diproduksi sebelum mengedarkannya. Hal tersebut untuk meminimalisasi kejadian yang tidak diinginkan di kemudian hari.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA