Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Foto Aidit Diapit Pendiri Muhammadiyah-NU, Angkasa Pura: Itu Syahrir

Jumat 12 Aug 2016 10:24 WIB

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Karta Raharja Ucu

Foto mirip tokoh PKI DN Aidit di pamerkan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Foto mirip tokoh PKI DN Aidit di pamerkan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Foto: istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Humas Angkasa Pura II, Agus Haryadi belum bisa menjelaskan detail soal keberadaan foto yang mirip dengan tokoh Partai Komunis Indonesia (PKI) DN Aidit.

"Sedang dikonfirmasi Mas. Terima kasih masukannya," kata dia lewat pesan singkat Whatsapp kepada Republika, Jumat (12/8).

Foto mirip Aidit itu terpampang dalam pameran foto yang terpajang di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang baru dibuka 9 Agustus 2016. PT Angkasa Pura sebagai pengelola bandara berupaya melayani penumpang dengan maksimal dengan membuat pameran foto yang menggandeng salah satu media nasional.

Dalam foto itu, wajah Aidit disandingkan dengan foto pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan dan pendiri Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asy'ari. Tampak pula ada wajah presiden keempat RI Gus Dur dalam foto kolase tersebut.

Namun, Agus berkilah jika foto tersebut bukan foto Aidit, melainkan foto Perdana Menteri Pertama Indonesia, Sutan Syahrir. "Ada tokoh nasional, Syahrir yang mirip juga (dengan foto tersebut)," kata dia.

Agus melanjutkan, "Tapi tunggu konfirmasi pelukisnya."

Sebelumnya, salah satu penumpang yang menyoroti foto mirip Aidit itu adalah Hidayat Adhiningrat. Hidayat sempat memotret pameran foto yang memuat Aidit tersebut pada Kamis (12/8). Kepada Republika, ia mengaku merasa itu memang foto Aidit. "Iya Mas," katanya pada Jumat (13/8).

Sebelumnya, Hidayat juga membuat status ketika sedang berada di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. "Di Terminal 3 Soekarno Hatta ada fotonya DN Aidit," katanya melalui akun Twitter, @Big_Days.

(Baca Juga: Foto Mirip Aidit Dipajang di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta)

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA