Kamis, 21 Zulhijjah 1440 / 22 Agustus 2019

Kamis, 21 Zulhijjah 1440 / 22 Agustus 2019

Jokowi tak Temui Pendemo, Jimly: Kesannya Rakyat Wakil Presiden

Ahad 06 Nov 2016 14:44 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Bilal Ramadhan

Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Jimly Asshiddiqie

Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Jimly Asshiddiqie

Foto: ROL/Fian Firatmaja

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Jimly Asshiddiqie, tak memungkiri kemungkinan adanya pihak yang menunggangi demo aksi Bela Islam 4 November lalu. Sebab, merupakan hal yang lumrah ketika politikus memanfaatkan situasi aksi massa dalam jumlah besar seperti itu.

''Kalau politikus biasa begitu, saling tunggang-menunggangi. Biasa saja kalau ada peristiwa politik menunggangi, dari dulu juga begitu,'' kata Jimly, saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (6/11).

Namun, lanjut dia, jika ada kerusuhan yang menimbulkan tindakan pidana, maka mesti diproses secara hukum untuk mengetahui siapa dalang di balik kerusuhan itu. Namun, ia bersyukur jika dalangnya bukan dari pendemo, melainkan orang luar yang tak bertanggung jawab.

''Yang penting demonya kemarin ekspresi damai, Presiden juga mengakui dan menghormati. Sayang dia tidak menemui sendiri, sehingga memberi kesan ini rakyatnya Wakil Presiden. Padahal harusnya dia jadi Presiden bagi semua,'' ujar tokoh yang juga menjabat Ketua DKPP ini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA