Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Wagub Jawa Barat Apresiasi Festival Animasi Cimahi

Kamis 17 Nov 2016 20:03 WIB

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Andi Nur Aminah

Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar

Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar

Foto: Republika/Edi Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID, CIMAHI -- Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar mengapresiasi pelaksanaan Baros International Animation Festival (BIAF) yang diselenggarakan di Cimahi Technopark, Kamis (17/11). Dia berharap dengan kegiatan itu, bisa menjadi bursa film animasi tingkat nasional.

"Pelaksanaan festival animasi Cimahi sebaiknya tidak hanya fokus pada penawaran dan transaksi film animasi, tapi juga film genre lainnya," ujarnya, Kamis (17/11).

Ia menuturkan, sejak 2010 hingga 2016 kontribusi industri kreatif terhadap PDRB mencapai tujuh persen. Tidak hanya itu, penyerapan tenaga kerja dalam bisnis tersebut mencapai 10,7 persen dari angkatan kerja.

Bahkan aktivitas ekspor ekonomi kreatif Rp 118 triliun atau sekitar 5,7 persen dari ekspor nasional. Menurutnya, potensi industri kreatif nasional memang luar biasa. Sehingga kehadiran BIAF sangat strategis.

Terpisah, Deputi Pemasaran BEKraf Joshua P Simajuntak mengatakan, animasi telah menjadi bagian penting bagi sektor lain seperti film, desain, video klip, periklanan hingga penerbitan. Sehingga animasi telah menjadi salah satu sub sektor yang saling berhubungan dan memberikan nilai tambah bagi sub sektor lain.

Menurutnya, pada 2030 diprediksi Indonesia akan menjadi satu dari kekuatan lima ekonomi. Diharapkan ekonomi kreatif bisa berperan terhadap ekonomi nasional.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA