Saturday, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 February 2020

Saturday, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 February 2020

Korban Gempa Pilih Tinggal di Pengungsian

Kamis 08 Dec 2016 23:16 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Pedagang mengumpulkan barang yang masih dapat digunakan dari puing-puing bangunan pasar Meuredu yang rubuh akibat gempa di Pidie Jaya, Aceh, Kamis (8/12).

Pedagang mengumpulkan barang yang masih dapat digunakan dari puing-puing bangunan pasar Meuredu yang rubuh akibat gempa di Pidie Jaya, Aceh, Kamis (8/12).

Foto: Antara/Irwansyah Putra

REPUBLIKA.CO.ID, LHOKSEUMAWE -- Warga Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, yang menjadi korban gempa lebih memilih tinggal di pengungsian karena khawatir bahaya bila tinggal di rumah. Sebagaimana diungkapkan oleh koordinator pengungsi di lokasi pengungsian Dayah Kleng, pusat pasar Meureudu, Darwis Daud, Kamis (8/12).

Dia mengungkapkan, umumnya warga lebih memilih tinggal di pengungsian daripada tinggal di rumah. Alasannya, warga lebih merasa aman dan nyaman tinggal di pengungsian untuk menghindari bahaya.

Umumnya alasan warga lebih memilih tinggal di pengungsian karena merasa lebih aman. Kendati rumah mereka tidak roboh, namun dikhawatirkan bahaya dapat mengancam kapan saja.

"Warga lebih memilih tinggal di pengungsian daripada tinggal di rumah, karena khawatir bila tinggal di rumah, bahaya dapat mengancam. Umumnya rumah banyak sudah retak dan dikhawatirkan roboh," ungkap Darwis.

Hal senada juga diungkapkan oleh pengungsi Hanafiah yang menambahkan bahwa diri dan keluarganya tidak bisa tinggal di rumah. Karena sudah tidak mungkin lagi ditempati, dinding sudah retak-retak dan juga lantai sudah terangkat.

"Makanya kami lebih memilih tinggal di pengungsian. Supaya lebih aman dan tidak khawatir terjadi apa-apa apabila ada gempa susulan karena dinding sudah tidak kuat lagi," katanya.

Sementara itu, berdasarkan keterangan dari koordinator pengungsi, jumlah pengungsi di lokasi pengungsian Dayah Kleng sekitar 300 jiwa. Mereka tidur di masjid dan di sekitar lokasi atau halaman masjid. Sementara untuk kondisi air bersih dan makanan, tercukupi dengan baik.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA