Sunday, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Sunday, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Wisatawan ke Gunung Papandayan Meningkat

Selasa 27 Dec 2016 21:41 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Kawah Gunung Papandayan

Kawah Gunung Papandayan

Foto: ANTARA

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kunjungan wisatawan dari berbagai daerah ke Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, meningkat pada musim libur Natal dan menjelang pergantian tahun 2017.

"Sekarang sudah menunjukan peningkatan sampai 30 persen, kemungkinan puncak kunjungan nanti tahun baru," kata Direktur PT Astri Indah Lestari (AIL) pengelola wisata Gunung Papandayan, Tri Persada kepada wartawan di Gunung Papandayan, Garut, Selasa (27/12).

Ia menuturkan, hari biasanya tingkat kunjungan rata-rata 150 orang setiap harinya, sedangkan sejak libur sekolah dan Natal 2016 pengunjung mencapai 500 orang.

Menurut dia, meningkatnya kunjungan wisatawan ke Gunung Papandayan tersebut karena mudahnya akses jalan dan fasilitas yang sudah dibangun perusahaan. "Kita bangun fasilitas untuk kenyamanan pengunjung," katanya.

Ia mengatakan, pengunjung ke Gunung Papandayan berasal dari berbagai daerah seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi, Bali, bahkan dari mancanegara.

Wisatawan, kata dia, datang untuk sekadar jalan-jalan menuju kawah Papandayan dan hutan mati, selain tujuan utama bagi kaum muda yaitu berkemah. "Kebanyakan mereka yang datang ke sini untuk menikmati keindahan Gunung Papandayan," katanya.

Terkait persiapan menyambut tahun baru di Gunung Papandayan, kata Tri, pihaknya hanya mempersiapkan meningkatkan fasilitas dan keamanan untuk kenyamanan pengunjung.

Sedangkan kegiatan untuk memeriahkan malam pergantian tahun, kata dia, sementara tidak ada, karena pihaknya baru mengelola objek wisata tersebut belum satu tahun. "Untuk tahun ini karena kita belum tahu, mungkin nanti ada masukan harus seperti apa tahun baru, maka pasti akan kita berikan, sementara kita menampung aspirasi," katanya.

Pengunjung Gunung Papandayan asal Jakarta, Rizki mengatakan baru pertama kali berkunjung dan menikmati setiap keindahan alam dan kesegaran udara yang tidak ada di Jakarta. "Keindahan dan kesejukan alam seperti ini kan tidak ada di Jakarta, kondisi seperti inilah yang dicari orang Jakarta," kata Rizki yang datang bersama anggota keluarganya.

Ia menambahkan, fasilitas di kawasan wisata Gunung Papandayan sudah cukup baik, seperti tersedia tempat kamar mandi dan masjid yang nyaman. "Fasilitas yang ada di sini sudah bagus seperti disediakan toilet di dekat kawah," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA