Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Solo Layak Jadi Kota Ramah Anak

Rabu 01 Mar 2017 14:47 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Yudha Manggala P Putra

Siswa SLBA YKAB Solo penyandang tuna netra dan penglihatan terbatas (low vision) mengikuti praktik orientasi mobilitas di Solo, Jawa Tengah, Selasa (12/4).

Siswa SLBA YKAB Solo penyandang tuna netra dan penglihatan terbatas (low vision) mengikuti praktik orientasi mobilitas di Solo, Jawa Tengah, Selasa (12/4).

Foto: Antara/Maulana Surya

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Badan PBB untuk anak-anak (UNICEF) mengapresiasi Pemerintah Kota Solo dalam upaya menjadikan Kota layak anak. Wakil Sekretaris Jendral PBB untuk kekerasan terhadap anak, Marta Santos Pais mengungkapkan Solo telah memenuhi syarat untuk menjadi kota layak anak.

Di antaranya seperti layanan bagi anak korban tindak kekerasan, taman cerdas, hingga rumah singgah untuk anak yang mengidap HIV AIDS.  "Solo layak dikunjungi, Solo mempunyai komitmen untuk menjadi kota yang ramah terhadap anak," tutur Marta saat berkunjung ke Balai Kota Solo pada Selasa (28/2).

Dia menjelaskan saat ini UNICEF tengah gencar untuk mengkampanyekan tentang perlindungan anak dari tindak kekerasan. Dia berharap Kota Solo menjadi panutan bagi kota-kota lainnya di Indonesia untuk memberikan rasa aman terhadap anak.

Marta juga mendukung langkah Pemkot Solo yang talah menjadikan upaya pencegahan kekerasan terhadap anak sebagai Rencana Pembangunan Jangaka Menengah Daerah.

"Saya mengapresi, sebab itu saya mengunjungi kota ini. Solo telah mengambil langkah besar dalam kebijakannya untuk melindungi hak-hak anak," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Marta yang didampingi oleh Kepala Perwakilan UNICEF Indonesia Gunilla Olsson juga mengunjungi Taman Cerdas Solo serta Pusat Layanan Kesehatan Sosial Anak Integratif (PLKSAI).

Sementara itu Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo mengungkapkan dengan dorongan dari UNICEF, Pemkot Solo berkomitmen untuk memberikan perlindungan dan hak-hak bagi anak-anak. Selain itu, jelas dia, tak kalah penting yakni pemenuhan terhadap dunia pendidikan  anak menjadi salah satu kewajiban pemerintah kota Solo.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA