Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Jerry Sumampouw: Orang Bicara Pancasila Sering Di-bullying

Selasa 21 Mar 2017 20:49 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Agus Yulianto

Garuda Pancasila

Garuda Pancasila

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Kepala Humas Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Jerry Sumampouw, menilai ada pergeseran wacana percakapan tentang Pancasila belakangan ini. Ia merasa, pergeseran itu mulai terjadi sejak era orde baru berakhir.

"Pancasila memang sedikit tergeser dari wacana percakapan, itu harus kita akui," kata Jerry, Selasa (21/3).

Jerry melihat, sejak era reformasi dimulai, penghafalan Pancasila, misalnya, sudah tidak seketat di orde baru yang memang diharuskan benar-benar. Malah, kata dia, orang-orang yang bicara Pancasila, sekarang-sekarang ini, sering dijadikan bahan bullying.

Jerry berpendapat, liberalisasi politik memberikan ruang perkembangan ideologi-ideologi. Dan itu, seiring dengan banyak bermunculan kelompok kepentingan. Bahkan, ada pula yang menjadikan agama sebagai alat-alat politik dan menungganginya. "Setelah reformasi, negara seperti ada degradasi wibawa," ujar Jerry.

Menurut Jerry, ketidakadilan sosial banyak mengakibatkan kemiskinan yang memang telah akut menggerogoti masyarakat, termasuk terjadinya degradasi moral. Bahkan, dia memperkirakan, ada penurunan yang terjadi di antara relasi sosial.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA