Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Seorang Pria Diduga Ingin Terjun dari JPO BI

Sabtu 25 Mar 2017 16:08 WIB

Rep: Alfan Tiara Hilmi/ Red: Ani Nursalikah

Petugas pemadam kebakaran berupaya menyelamatkan seorang pria yang ingin melakukan bunuh diri dari atap Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di depan Gedung Bank Indonesia, Jln MH Thamrin, Sabtu (25/3).

Petugas pemadam kebakaran berupaya menyelamatkan seorang pria yang ingin melakukan bunuh diri dari atap Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di depan Gedung Bank Indonesia, Jln MH Thamrin, Sabtu (25/3).

Foto: Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang pria diduga ingin melakukan percobaan bunuh diri dari Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di depan Gedung Bank Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu pagi (25/3). Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin PKP) Kota Jakarta Pusat mengaku sudah menyelamatkan pria tersebut.

Menurut keterangan petugas Sudin PKP Jakarta Pusat Abdullah, ia membujuk pria yang bernama Devi Insani (25 tahun) agar mau turun dari JPO. Pria tersebut diselamatkan menggunakan tangga otomatis yang ada di mobil pemadam kebakaran. Evakuasi berlangsung sekitar satu jam, dari pukul 7.40 WIB hingga 8.40 WIB.

“Kelihatannya mau bunuh diri. Jadi saya berdua dengan petugas kami bujuk agar dia mau naik ke tangga otomatis mobil damkar,” kata Abdullah melalui telepon.

Petugas Sudin PKP Jakarta Pusat yang lain, Anto mengatakan, pria itu minta ingin dipulangkan ke kampung halamannya di Palembang, Sumatra Selatan. Menurut Anto, ini adalah kali kedua Devi melakukan aksinya.

“Tadi saat kami bujuk, ia minta diserahkan ke dinas sosial katanya agar bisa dipulangkan ke kampung halamannya di Sumatra,” ujar Anto.

Menurut anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), Kepolisian Sektor (Polsek) Metro Gambir, Jakarta Pusat Aipda Amirullah, Devi terlihat duduk di pinggir JPO. Kemudian situasi ini dilaporkan ke Sudin PKP agar korban bisa diselamatkan.

“Kami khawatir ia nanti jatuh,” kata Amirullah.   

Menurut Amirullah, Devi sebenarnya tidak berniat melakukan bunuh diri. Amirullah mengatakan, ia hanya ingin pulang ke kampung halamannya di Sumatra.

“Dia tadi saya tanya tidak ada niatan bunuh diri. Hanya ingin pulang ke kampung halamannya saja,” ujar dia.

Menurut Amirullah, korban dalam keadaan telantar di Jakarta. Ia tidak memiliki uang dan tempat tinggal di ibu kota. “Tadinya ia mau bekerja di Jakarta. Tapi sekarang telantar dan tidak ada tempat tinggal di sini,” kata dia.

Amirullah mengatakan, Devi dalam keadaan sehat tanpa ada kekurangan apa pun. Ia juga sehat secara mental dan bisa diajak berinteraksi.

“Dia mau makan tadi. Tadi juga mau diajak ngobrol,” kata Amirullah.

Devi telah diserahkan ke Dinas Sosial Provinsi Jakarta. Menurut Amirullah, rencananya ia akan dipulangkan ke kampung halamannya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA