Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Sejumlah Desa di Lombok Tengah Diterjang Banjir

Ahad 09 Apr 2017 05:28 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Andri Saubani

[ilustrasi] Banjir di Kabupaten Lombok Barat, NTB pada Maret lalu.

[ilustrasi] Banjir di Kabupaten Lombok Barat, NTB pada Maret lalu.

Foto: dok. BPBD Lombok Barat

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Rum mengatakan, sejumlah desa di Kecamatan Praya Timur, Lombok Tengah, NTB, diterjang banjir pada Sabtu (8/4). "Pada Sabtu telah terjadi bencana banjir di beberapa desa di Kecamatan Praya Timur," kata Rum di Mataram, NTB, Ahad (9/4).

Rum menjelaskan, bencana banjir di dua desa tersebut diakibatkan hujan dengan intensitas lebat yang turun sejak pukul 14.00 Wita sampai malam hari.  Menurut Rum, laporan sementara warga terdampak meliputi Desa Ganti sebanyak 300 kepala keluarga (KK), Desa Pengonak sebanyak 100 KK, Desa Jeruk Puri sebanyak 200 KK, dan Desa Semoyang sebanyak 50 KK.

Hujan lebat juga mengakibatkan Sungai Tibu Nangke yang berada di Desa Beleka meluap sehingga menggenangi beberapa dusun di desa itu dan aliran sungai menuju Desa Ganti. "Jumlah dusun yang terdampak genangan, ada 14 dusun di Desa Beleka dengan perkiraan 500 KK," lanjut Rum.

Selain itu, 14 rumah di Dusun Paok, lanjut Rum, terisolir dengan tinggi genangan antara 50 sm hingga 100 cm. Rum melanjutkan, Tim BPBD Kabupaten Lombok bersama TRC langsung melakukan evakuasi bagi warga yang terisolir.  "Korban jiwa tidak ada," ucap Rum menambahkan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA