Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Kak Seto: Mendidik Anak Harus dengan Kasih Sayang

Selasa 11 Apr 2017 20:56 WIB

Red: Angga Indrawan

Seto Mulyadi

Seto Mulyadi

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia Seto Mulyadi mengatakan, mendidik anak harus dengan kasih sayang. Ini karena jiwa anak masih labil dan mereka akan selalu mencontoh apa yang dilihat.

"Dalam mendidik anak, orang tua harus memosisikan sebagai diri mereka supaya apa yang disampaikan cepat dimengerti," kata Seto pada acara sosialisasi stop kekerasan terhadap anak dilaksanakan Tim Penggerak PKK Sumsel di Palembang, Selasa (11/4).

Menurut dia, anak lebih cepat meniru apa yang dilihat dari lingkungan termasuk orang tua, sehingga dalam membina harus dilakukan dengan pendekatan. "Jadi dalam membina anak harus ada pemberdayaan keluarga karena keharmonisan ibu dan ayah akan menjadikan mereka lebih bahagia," ujar dia.

Menurut dia, boleh dikatakan dalam mendidik anak harus memberdayakan masyarakat dan lingkungan sekitar terutama dalam pemberian contoh. Memang, lanjut ahli Psikologi dari UI itu, selama ini bila anak selalu menurut apa yang diajarkan orang tua dianggap berhasil.

Dia mengatakan, ajari anak cara beretika yang baik dan itu harus ditanamkan sejak dini. Anak sebenarnya memiliki kecerdasan sendiri-sendiri dan memang ada yang cukup menonjol. "Sehingga bimbingan orang tua sangat diharapkan," kata dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA