Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Tiket Kereta Tambahan Lebaran Mulai Dijual Ahad Mendatang

Kamis 13 Apr 2017 20:52 WIB

Red: Bayu Hermawan

  Suasana arus mudik calon penumpang kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (1/7). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

Suasana arus mudik calon penumpang kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (1/7). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- PT Kereta Api Indonesia Daop 6 Yogyakarta menyediakan tiket kereta api (KA) tambahan pada Lebaran 2017 yang bisa dipesan mulai Ahad (16/4). Masyarakat yang belum mendapatkan tiket KA reguler, mendapat kesempatan untuk memesan tiket kereta tambahan Lebaran.

"Penjualan KA tambahan Lebaran ini akan dimulai pada Minggu (16/4) pukul 00.01 WIB," kata Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto di Solo, Kamis (13/4).

Eko mengatakan ada 12 perjalanan KA tambahan Lebaran yang dioperasikan setiap harinya mulai 15 Juni 2017. Kapasitas yang tersedia dari 12 perjalanan KA tersebut, kata Eko, sebanyak 4.916 tempat duduk per hari.

Nama KA tersebut antara lain Argo Lawu jurusan Solo-Gambir kapasitas 700 tempat duduk, Argo Dwipangga (Solo-Gambir) 700 kursi, Taksaka Pagi (Yogyakarta-Gambir) 700 kursi, Taksaka Malam (Yogyakarta-Gambir) 700 kursi, Lodaya (Solo-Bandung) 964 kursi, dan Sancaka (Yogyakarta-Surabaya Gubeng) 1.152 kursi.

Eko mengatakan bagi masyarakat yang ingin memesan tiket KA tambahan Lebaran dapat dilakukan melalui website KAI, aplikasi KAI access, contact center 121, atau melalui berbagai saluran eksternal yang telah bekerja sama dengan KAI.

Selain itu, KAI menegaskan server KAI sejak hari pertama penjualan tiket Lebaran pada 17 Maret 2017 hingga sekarang tidak pernah mengalami down, termasuk saat puncak penjualan tiket KA reguler pada 24 Maret 2017.

Menyinggung soal kesulitan membeli tiket via online, Eko memberikan beberapa cara mendapatkan KA tambahan Lebaran antara lain koneksi internet yang stabil selama proses pencarian tiket.

Selain itu, lanjut dia, masyarakat juga dapat mencari alternatif tanggal atau rutenya, karena KA tambahan Lebaran akan diluncurkan bersamaan untuk keberangkatannya mulai 15 Juni hingga 6 Juli 2017.

Masyarakat juga dapat mencari alternatif tiket terusan misalnya jika ingin menuju Semarang, dapat memesan tiket dengan rute Pasarsenen-Tegal untuk kemudian meneruskan dengan KA rute Tegal-Semarang.

"Cara lainnya adalah mengakses tiket1.kereta-api.co.id, tiket2.kereta-api.co.id, dan tiket3.kereta-api.co.id," kata Eko.

Bahkan, lanjut dia, masyarakat yang akan menggunakan jasa angkutan KA dengan membeli tiket melalui channel eksternal baik melalui minimarket maupun situs penjualan yang telah bekerja sama dengan KAI.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA