Sabtu, 19 Rabiul Awwal 1441 / 16 November 2019

Sabtu, 19 Rabiul Awwal 1441 / 16 November 2019

JK Yakin Pemilu 2019 Tepat Waktu

Selasa 02 Mei 2017 15:22 WIB

Red: Esthi Maharani

Wakil Presiden Republika Indonesia Jusuf Kalla

Wakil Presiden Republika Indonesia Jusuf Kalla

Foto: ROL/Abdul Kodir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku yakin Pemilihan Umum 2019 dapat diselenggarakan tepat waktu meskipun revisi Undang-Undang Pemilu masih dibahas di DPR.

"Jangan lupa, negara lain tiga bulan bisa pemilu, kenapa kita 20 bulan tidak bisa?" kata Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (2/5).

Komentar tersebut disampaikan Wapres JK terkait upaya percepatan pengesahan RUU Pemilu mengingat waktu pelaksanaan Pemilu 20 bulan lagi, yakni pada 17 April 2019.

"Ini kalau pemilu 'kan sudah rutin justru kalau masih ada perdebatan terbuka atau tertutup, tapi itu internal partai atau apakah parliemantary treshold-nya itu yang mendesak," ucap JK.

Terlebih lagi, Wapres menambahkan, soal sistem terbuka atau tertutup juga lebih banyak tergantung pada keputusan internal partai. Oleh karena itu, kalaupun ada yang mendesak, JK menilai KPU harus dapat memutakhirkan Daftar Pemilih Tetap di seluruh Indonesia.

"Itu pun karena KPU sekarang yang permanen, datanya ter-update terus, jadi saya kira tidak masalah," ujar dia.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Pemilu belum mendesak dikeluarkan karena pembahasan revisi UU Pemilu masih punya cukup waktu.

"Kenapa harus tergesa-gesa sampai harus mengeluarkan Perppu, masih ada waktu pembahasan di Pansus," kata dia dia Jakarta, Jumat (28/4).

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA