Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Lewat Pengeras Suara, Ahok Minta Pendukungnya Bubar

Kamis 11 May 2017 16:10 WIB

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ilham

Massa pendukung Ahok berkumpul di depan gerbang Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Kamis (11/5).

Massa pendukung Ahok berkumpul di depan gerbang Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Kamis (11/5).

Foto: Republika/Ronggo Astungkoro

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Basuki Tjahaja Purnama menyapa para pendukungnya yang berada di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Kamis (11/5). Ia mengimbau para pendukungnya untuk membubarkan diri. Setelah itu, sekitar 200 massa pendukung Ahok membubarkan diri dan bergerak ke Balai Kota DKI Jakarta.

"Saya mengimbau temen-temen yang dukung saya untuk membubarkan diri. Ini kan Markas Brimob," ujar Ahok kepada para pendukungnya melalui Hansie Talkie yang didekatkan ke pengeras suara.

Ia pun mengatakan, dirinya aman di markas Brimob ini. Kondisinya pun sehat dan baik-baik saja. Oleh sebab itu, ia ingin para pendukungnya untuk membubarkan diri. "Nanti kalau saya dipindahkan lagi bagaimana? Ke luar kota lagi. Ini kan bukan wilayah DKI juga," kata dia.

Demi kebaikannya, kata Ahok, sekali lagi ia meminta massa pendukungnya untuk membubarkan diri. Ia juga mengingatkan, hari ini adalah hari raya Waisak. "Lebih baik membubarkan diri. Jangan lakukan. Saya di sini aman tidak ada apa-apa," imbuh Ahok.

Setelah itu, massa Ahok perlahan mulai meninggalkan halaman depan Mako Brimob Kelapa Dua. Sekitar 200 massa yang berasal dari Balai Kota DKI Jakarta, bergerak kembali ke sana untuk aksi bakar lilin. "Kami dari Balai Kota akan kembali ke sana. Kita hormati kesepakatannya. Pak Ahok minta bubar, kita bubar," ujar salah seorang pendukung Ahok, Gunawan (32) usai mendengar orasi Ahok.

Gunawan merupakan salah satu pendukung Ahok yang menggerakkan massa untuk bubar dan kembali ke Balai Kota DKI Jakarta. Ia sampai di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, pada pukul 14.00 WIB.

"Ini gerakan solidaritas dan kita dadakan tidak pakai koordinator. Kita ke sini tidak ada donatur, pakai uang sendiri-sendiri," lanjut dia.

Ia menambahkan, uang yang dikumpulkan dari masing-masing individu itu digunakan untuk menyewa Kopaja. Dari Balai Kota DKI Jakarta ke Mako Brimob Kelapa Dua ini rombongannya menggunakan empat bus Kopaja.

"Kopaja ada empat, mobil pribadi ada tujuh, motor ada banyak sampe puluhan," kata dia sembari berteriak untuk menggerakkan massa pendukung Ahok lainnya untuk bergerak kembali ke Balai Kota DKI Jakarta.

Gunawan dan rekan-rekannya akan kembali ke Balai Kota DKI Jakarta untuk melakukan aksi bakar lilin. "Kami akan melakukan aks bakar lilin di Balai Kota," sambung dia.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA