Saturday, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

Saturday, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

Mendagri: Penyelesaian RUU Pemilu tak akan Ganggu Kinerja KPU

Jumat 19 May 2017 11:48 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Esthi Maharani

Tjahjo Kumolo

Tjahjo Kumolo

Foto: Setkab.go.id

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjajo Kumolo, mengatakan proses penyelesaian ruu pemilu masih terus berlangsung. Dia menegaskan penyelesaian RUU tersebut tidak akan mengganggu kinerja Komisi Pemilihan Umum.

"Jangan khawatir akan mengganggu kerja KPU. Pemerintah menghargai upaya lobi antarfraksi untuk mencari titik temu penyelesaian pembahasan. Masih ada waktu," ujar Tjahjo dalam keterangan tertulisnya, Kamis (18/5).

Dia melanjutkan, diperkirakan masih ada tiga hingga empat poin krusial yang kemungkinan akan diputuskan dalam rapat paripurna. Sebab, hingga saat ini baik panitia kerja (panja) dan panitia khusus (pansus) masih sulit mencapai kata sepakat terkait empat isu itu.

Menurut Tjahjo, kondisi wajar terjadi mengingat pembahasan isu adalah bagian dari kebijakan strategis fraksi yang merupakan kepanjangan tangan dari parpol.

"Jika bisa akan coba apakah mungkin diputuskan di panja pada pekan depan. Jika harus voting antarfraksi dan DPR tidak melibatkan pemerintah, maka opsi pemerintah sebetulnya sudah tertampung dalam pandangan dari fraksi-fraksi," tambah Tjahjo.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA