Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wisatawan di Sukabumi Diminta tak Membuang Sampah di Pantai

Rabu 28 Jun 2017 19:54 WIB

Red: Ilham Tirta

Wisatawan di pantai selatan Sukabumi. (ilustrasi).

Wisatawan di pantai selatan Sukabumi. (ilustrasi).

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mengimbau wisatawan yang sedang berlibur di objek wisata laut selatan Sukabumi agar tidak membuang sampah di area pantai. "Kami sudah menyiapkan tempat sampah di beberapa titik untuk mempermudah wisatawan yang membuang sampah pada tempatnya," kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Rabu (28/6).

Imbauan tersebut melalui spanduk, baliho, dan banner yang dipasang di daerah-daerah strategis dan mudah dibaca wisatawan. Ini dilakukan agar kondisi laut dan pantai tetap terjaga kebersihannya.

Selain itu, pihaknya juga sudah menyiagakan petugas kebersihan yang setiap saat membersihkan area pantai dari sampah sisa wisatawan yang dibuang sembarangan. Sebab, tidak semua pengunjung yang sadar akan menjaga kebersihan alam yang didatanginya.

Selain wisatawan, setiap pedagang juga diharuskan ikut bertanggung jawab menjaga kebersihan. Sampah sisa dagangannya tak boleh tercecer di lokasi wisata sehingga terkesan kumuh.

"Kebersihan pantai dan laut merupakan tanggung jawab bersama, karena untuk menjaga kelestarian alam siapa lagi kalau bukan kita karena juga sudah rusak yang dirugikan semua pihak," katanya.

Sementara, Seketaris Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Sukabumi Yanyan Nuryanto mengatakan, selain menjaga keamanan wisatawan di objek wisata laut, anggotanya dengan sukarela ikut membersihkan sampah yang berserakan di pantai. "Ini kami lakukan agar kondisi pantai tetap bersih dan asri, karena bagaimana pun juga laut selatan Sukabumi ini merupakan kebanggaan semua pihak apalagi masuk dalam kawasan geopark yang diakui nasional," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA