Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

41 Wisatawan Tenggelam di Laut Sukabumi Diselamatkan

Senin 03 Jul 2017 16:30 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah

Ilustrasi Orang Tenggelam

Ilustrasi Orang Tenggelam

Foto: Antara/Didik Suhartono

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sebanyak 41 orang wisatawan yang tenggelam di obyek wisata Laut Sukabumi berhasil diselamatkan petugas pada momen liburan lebaran. Puluhan wisatawan tersebut mengalami kecelakaan laut pada rentang waktu 26 Juni hingga 3 Juli 2017.

''Jumlah keseluruhan sampai Senin (3/7), tercatat sebanyak 46 kasus kecelakaan laut,'' terang Kepala Divisi Operasional dan Latihan, Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Asep Edom Saepulloh kepada wartawan Senin (3/7).  Rinciannya, dia mengatakan, sebanyak 41 orang wisatawan berhasil diselamatkan dalam keadaan hidup dan lima orang meninggal dunia.

Terakhir terang Asep, petugas menyelamatkan seorang pengunjung yang tenggelam di sekitar kawasan Pos Istiqomah, Palabuhanratu pada Senin sekitar pukul 09.58 WIB. Korban yang berhasil diselamatkan tersebut adalah Teddy (17 tahun) warga Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi.

Menurut Asep, pada Senin siang ini juga petuas yang tergabung dalam tim pengamanan kawasan wisata melakukan rapat evaluasi wisata lebaran bersama dengan Pemkab Sukabumi. Pertemuan tersebut dilakukan di Setda Pemkab Sukabumi.

Sekretaris Balawista Palabuharatu Yanyan Nuryanto menambahkan, pada momen liburan lebaran ini diterjunkan sebanyak 104 petugas penjaga pantai di 16 pos penjagaan. Keberadaan petugas ini terang dia, terutama di kawasan yang dipadati oleh wisatawan.

Koordinator Forum Koordinsi SAR Daerah (FKSD) Kabupaten Sukabumi Okih Pajri menambahkan, pada momen liburan panjang lebaran ini tercatat sebanyak lima orang wisatawan yang meninggal dunia karena tenggelam. '' Semua korban telah berhasil dievakuasi oleh petugas gabungan,'' kata dia.

Ke lima orang korban tersebut adalah Teguh (15 tahun) dan Gunawan (15) warga Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi yang tenggelam pada Selasa (27/6). Tiga korban lainnya yakni Anas Budi (18) warga Tangerang serta ayah dan anak kandung yang tenggelam di Pantai Loji yakni Dede Rukman (45) dan Bahrudin (13).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Dana Budiman menambahkan, tingkat kunjungan wisatawan pada momen liburan panjang lebaran ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini ujar dia terlihat dari padatnya sejumlah lokasi wisata pantai di selatan Sukabumi.

Dana mengatakan, peningkatan ini,  salah satunya karena faktor gencarnya sosialisasi mengenai kawasan geopark Ciletuh-Palabuhanratu. Kawasan itu saat ini menjadi salah satu tujuan wisata di Sukabumi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA