Sabtu, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Sabtu, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Festival Kuliner Digelar di Lapangan Merdeka Medan

Jumat 07 Jul 2017 05:21 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Pedagang menjajakan aneka durian di Sentra Durian Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (8/2).

Pedagang menjajakan aneka durian di Sentra Durian Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (8/2).

Foto: Republika/ Wihdan

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Pemerintah Kota Medan menggelar Festival Kuliner yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Medan yang merupakan bagian dari acara memeriahkan Hari Jadi ke-427 Kota Medan.

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin saat membuka Festival kuliner tersebut, Kamis (6/7) mengatakan Pemkot Medan siap menjadikan kuliner sebagai salah satu faktor penggerak ekonomi masyarakat.

Kuliner khas Kota Medan sangat disukai para pengunjung yang datang mengunjungi ibukota Provinsi Sumatera Utara, ditambah lagi kuliner yang khas juga mampu menjadi faktor daya tarik sekaligus sebagai tujuan wisata.

Keberagaman dan kelezatan kuliner yang berasal dari percampuran aneka budaya dan melebur menjadi identitas kuliner dengan cita rasa khas Medan, disediakan  untuk memanjakan lidah  masyarakat maupun para wisatawan yang tengah berkunjung di Kota Medan.

Tidak hanya aneka kuliner khas Medan, festival yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-427 Kota Medan ini juga menggelar festival durian.

Meski  bukan penghasil durian namun selama ini Kota Medan terkenal dengan kelezatan duriannya. Untuk itu panitia menggelar festival durian.  Cukup membayar Rp 60 ribu per-orang, masyarakat bisa memakan durian sepuasnya dalam waktu 1 jam.

Lebih lanjut wali kota mengatakan Indonesia saat ini sedang menuju destinasi wisata kuliner terfavorit di dunia, untuk itu upaya-upaya terus dilakukan, termasuk promosi ke luar negeri guna menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta maupun minat para wisatawan terhadap kuliner. Apalagi dengan dinobatkannya sate dan nasi goreng sebagai makanan terlezat di dunia.

Di samping itu, jelas Wali Kota, kuliner nusantara kini banyak diolah chef dari berbagai belahan dunia, bahkan, chef internasional mengakui kuliner nusantara memiliki kualitas yang bagus dan karakter unik.

Itu sebabnya chef internasional banyak memberikan masukan agar wisata kuliner dikembangkan sehingga berstandar global di tanah air. "Namun sayangnya kehebatan kuliner kita masih kurang dikenal secara luas oleh masyarakat dunia. Untuk itu marilah kita semua bergandeng tangan melestarikan sekaligus mempromosikan kuliner khas Medan ke dunia internasional sehingga semakin populer dan lebih bermartabat," katanya.

Atas dasar itulah Wali Kota sangat mengapresiasi digelarnya Festival Kuliner yang digagas Dinas pariwisata Kota Medan itu, sebab, kegiatan itu merupakan wujud apresiasi Pemkot Medan kepada pelaku usaha kuliner  atas dedikasinya selama ini.

Sehingga kuliner Kota Medan mampu menjadi daya tarik wisatawan untuk datang berkunjung sekaligus memberikan ruang dalam menyajikan keanekaragaman kuliner Kota Medan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA