Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Ganjar: Balon Udara akan Dibuat Aturan dan Dilombakan

Sabtu 22 Jul 2017 09:29 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Bilal Ramadhan

Balon udara (ilustrasi)

Balon udara (ilustrasi)

Foto: matanews.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung rencana AirNav Indonesia menggelar festival Balon Udara Wonosobo. Ganjar merasa acara tersebut sebagai langkah tepat untuk mengajak warga menjalankan tradisi dengan memperhatikan aspek keselamatan penerbangan.

Dia memastikan balon udara tidak akan tidak dilarang tetapi kita kelola."Dibuat aturannya yang sesuai dengan keselamatan dan dilombakan," kata Ganjar dam pernyataan tertulis yang diterima Republika.co.id, Jumat (21/7).

Menurutnya memang banyak warga tidak mengerti bahayanya, namun Ganjar mengatakan setelah beberapa kali kunjungan bisa mulai mengetahuinya. Tapi karena ini tradisi, lanjut dia, maka tidak bisa dihilangkan begitu saja namun diberikan solusi dengan bagaimaana caranya saat berlangsung bisa terkontrol dengan baik.

Dia menambahkan, saat arus mudik lalu, pihaknya juga sudah mendiskusikan acara tersebut dengan Menteri Perhubungan. "Saat itu kita lihat bahwa pendekatannya tidak bisa biasa, karena itu muncul ide kita lombakan saja. Karena itu memdengar rencana AirNav ini, cocok. Kami akan support dan  bisa menjadi atraksi pariwisata yang menarik untuk meningkatkan perekonomian Wonosobo," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama AirNav Indonesia Novie Riyanto menyampaikan pihaknya akan mencari solusi agar masyarakat dapat melakukan tradisinya namun tidak membahayakan keselamatan publik. Sebab, dari laporan yang diterima AirNav dari penerbang terkait balon udara, terjadi peningkatan signifikan tahun ini dari tahun sebelumnya.

"Lebaran tahun lalu kita menerima 14 laporan dari penerbang yang melihat balon udara pada ketinggian yang sama dengan pesawat, tahun ini meningkat sampai 63 laporan," tutur Novie.

Untuk itu ia menegaskan akan menggandeng berbagai pihak untuk penyelenggaraan festival tersebut. AirNav juga akan berdiskusi dengan komunitas balon udara untuk mencapai kesepakatan mengenai seluruh detail spesifikasi balon yang memenuhi standar keselamatan dan mekanisme penambatan balon.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA