Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Pos Indonesia Regional 4 Gelar Filateli Kreatif Tema Jakarta

Ahad 23 Jul 2017 22:17 WIB

Red: Bilal Ramadhan

PT Pos Indonesia Regional 4 Jakarta dan Banten menggelar Jakarta Stamp Show dengan tema 'Bersama Filateli Jakarta Dambaan Hati (Damai, Aman, Hijau dan Tertib)'. Kegiatan Filateli Edukatif ini berlangsung di Auditorium Prangko kantor Regional 4 Jakarta, Sabtu (22/7).

PT Pos Indonesia Regional 4 Jakarta dan Banten menggelar Jakarta Stamp Show dengan tema 'Bersama Filateli Jakarta Dambaan Hati (Damai, Aman, Hijau dan Tertib)'. Kegiatan Filateli Edukatif ini berlangsung di Auditorium Prangko kantor Regional 4 Jakarta, Sabtu (22/7).

Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pos Indonesia Regional 4 Jakarta dan Banten menggelar Jakarta Stamp Show dengan tema 'Bersama Filateli Jakarta Dambaan Hati (Damai, Aman, Hijau dan Tertib)'. Kegiatan Filateli Edukatif ini berlangsung di Auditorium Prangko kantor Regional 4 Jakarta diikuti ratusan siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Jabodetabek, Banten dan Bandung Jawa Barat.

Kegiatan yang digagas oleh Kantor Filateli Jakarta dan Komunitas Filateli Kreatif Indonesia (KOFKI) ini dalam rangka ikut berpartisipasi pada HUT DKI Jakarta ke 490. "Seharusnya kami mengadakan acara ini bertepatan dengan HUT DKI Jakarta (22 Juni), tapi karena pada saat itu masih bulan puasa banyak sekolah yang libur makanya kami mundurkan menjadi hari ini," kata Kepala Kantor Filateli Jakarta Ida Nurhayati dalam rilisnya, Ahad (23/7).

Ida menjelaskan kegiatan filateli edukatif ini bertujuan untuk memperkenalkan dan memberikan informasi serta edukasi kepada siswa dan guru-guru bahwa prangko tema Jakarta dan juga tema lainnya bisa dijadikan sebagai alat peraga dalam proses belajar mengajar di sekolah terutama untuk bidang Bahasa Indonesia, biologi dan sejarah.

"Kami berharap melalui kegiatan filateli edukatif ini anak-anak lebih mengenal prangko sebagai bagian dari alat peraga dalam belajar, selain fungsi prangko untuk mengirimkan surat tentunya," ujar wanita berhijab.

Dalam rangkaian HUT DKI Jakarta, pihaknya juga telah menyiapkan kartu pos berisi harapan kepada Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dalam membangun ibukota Indonesia kedepannya. Berbagai pesan dalam goresan tangan buah karya para pelajar itu, ada yang memberikan doa, harapan, mengkritik macetnya jalanan ibukota bahkan sampai berharap pemprov DKI membrantas begal.

"Kami menyiapkan kartu pos yang ditulis tangan oleh para murid SD dan SMP dari Jabodetabek, Banten dan Bandung yang berisi harapan dan doa kepada Gubernur DKI Jakarta bapak Djarot Sieful Hidayat dalam memimpin Jakarta. Semoga pak Gubernur berkenan menerimanya," tambah Ida.

Berbagai ucapan tertulis rapi di dalam kartu pos yang ditgoreskan para pelajar itu diantaranya berasal dari Ayuka Pritani Tamarini siswi SMPN 1 Depok Jawa Barat. "Hallo Pak! Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat ulang tahun untuk kota Jakarta. Harapan saya untuk Jakarta yaitu yang pasti Jakarta lebih maju, tidak macet tidak banyak pengamen lagi. Pak jangan banyak gedung, banyakin pohon ya pak.. karena panas pak. Terima kasih".

Lain halnya dengan Madiha Salih siswa SDN Serang Banten yang menuliskan harapan dan doanya kepada Gubernur secara singkat. "Semoga bapak Gubernur sehat selalu dihindarkan dari segala penyakit.. Aminnn.... Semoga bapak Gubernur DKI Jakarta sehat selalu dan semoga DKI Jakarta maju terus dan sejahtera selalu selamanya..." tulis Ariana Maharani dari Jakarta.

Ketua Umum KOFKI Muhammad Rizal pada kesempatan yang sama juga berharap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat menjadikan Jakarta Stamp Show menjadi ajang tahunan dalam rangka memeriahkan HUT DKI Jakarta. Pasalnya prangko adalah salah satu saksi sejarah kota Jakarta. Prangko memuat cerita tentang pembangunan ibukota dari dulu hingga masa yang akan datang.

"Kami berharap Jakarta Stamp Show ini akan menjadi ajang tahunan dalam HUT DKI Jakarta, bersanding dengan pagelaran mobil hias atau Jakarta Great Sale dan kegiatan lainnya yang didukung Pemrov DKI Jakarta untuk memeriahkan hari jadi ibukota tercinta,” kata Rizal.

Pameran prangko tentang tema ikon Jakarta mulai dari sejarah dan lokasi Monumen Nasional, Taman Mini Indonesia Indah, Taman Impian Jaya Ancol, Kebun Binatang Ragunan dan Kota Tua, Jakarta Stamp Show juga menyajikan lomba menyusun filateli bertama kota Jakarta dan kegiatan edukasi lainnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA