Kamis, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Kamis, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Google Ikut Rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia

Kamis 17 Agu 2017 13:36 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Andri Saubani

Doodle perayaan Hari Kemerdekaan ke-72 dari Google.

Doodle perayaan Hari Kemerdekaan ke-72 dari Google.

Foto: google.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyambut Hari Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia, Google ikut merayakan dengan memunculkan simbol (doodle) yang menggambarkan Indonesja di laman utamanya. Mesin pencari itu memasang gambar kapal yang diisi enam orang dengan berbagai baju adat nusantara. Sebuah bendera merah putih juga tampak berkibar memanjang.

Ketika simbol itu diklik dari www.google.com, pengguna diarahkan ke laman berkata kunci Hari Kemerdekaan Indonesia 2017. Berdasarkan keterangan yang ditulis Google, simbol tersebut digambar oleh seniman Indonesia bernama Aditya Pratama.

Dalam gambar tampak orang-orang berbaju adat mewakili pulau Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, Papua, dan Sulawesi. Gambar enam orang berbaju adat penuh warna di satu kapal menyimbolkan slogan Bhinneka Tunggal Ika atau yang disebut Google sebagai 'Unity in diversity'.

Google menjelaskan semboyan itu berasal dari bahasa Jawa kuno dari abad ke-14. Google juga menceritakan secara singkat bagaimana perjalanan sejarah Indonesia hingga meraih kemerdekaan. "Perayaan kemerdekaan Indonesia diisi dengan parade marching band, pemasangan atribut serba merah putih, serta lomba-lomba seperti balap karung dan panjat pinang," tulis Google.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA