Saturday, 4 Sya'ban 1441 / 28 March 2020

Saturday, 4 Sya'ban 1441 / 28 March 2020

Dukung UMKM, Anang Minta Sektor Kuliner Lebih Diperhatikan

Jumat 01 Sep 2017 21:56 WIB

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Hazliansyah

Anang Hermansyah.

Anang Hermansyah.

Foto: republika/agung supriyanto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sektor kuliner diharapkan bisa lebih diperhatikan oleh pemerintah. Pasalnya sektor tersebut dapat mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sekaligus menyerap banyak tenaga kerja.

"Sektor kuliner yang menjadi sub sektor dalam industri kreatif, hingga saat ini belum tampak digarap serius oleh Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif). Padahal sektor ini sangat menjanjikan," ujar Anggota Komisi X DPR RI Anang Hermansyah, melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id, Jumat, (1/9).

Menurutnya, pemerintah pusat bersama pemerintah daerah perlu memetakan kuliner di setiap daerah serta mendata sebaran pelaku usaha kuliner.

"Jika peta sudah jelas, pemerintah daerah dan pemerintah pusat dapat merumuskan insentif kepada pelaku usaha di sektor kuliner ini," tutur Anang.

Dengan begitu, kata dia, dapat mengangkat perekonomian di daerah. Ia menambahkan, sektor kuliner juga mampu berkontribusi ke pendapatan daerah.

"Bisa mempromosikan daerah pula, diplomasi melalui kuliner ini cukup ampuh mendatangkan wisatawan dari luar daerah dan luar negeri. Sektor ini saling tali temali dengan sektor kreatif lainnya," ujarnya.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA