Tuesday, 19 Zulhijjah 1440 / 20 August 2019

Tuesday, 19 Zulhijjah 1440 / 20 August 2019

Mendes Persilakan Dana Desa untuk Dukung Budaya Literasi

Kamis 07 Sep 2017 18:30 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Andi Nur Aminah

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo

Foto: ROL/Havid Al Vizki

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mempersilakan penggunaan dana desa untuk mendukung budaya literasi di masyarakat. "(Pendidikan masyarakat) bisa," kata dia kepada Republika.co.id, Kamis (7/9).

Mendes menjelaskan, dana desa bisa digunakan untuk PAUD dan perpustakaan desa. Sehingga, secara tidak langsung bisa dimanfaatkan untuk mendukung upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberantas buta aksara.

Sebelumnya, Ketua Pustaka Bergerak Indonesia Nirwan Ahmad Arsuka menilai dana desa dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan minat baca. Ia beranggapan 10 persen dari anggaran dana desa dapat digunakan untuk program literasi di desa-desa.

Nirwan menilai, apabila sejumlah dana desa digunakan untuk membeli buku, ada perubahan struktur dalam dunia perbukuan di Tanah Air. Selain itu, Kemendikbud merilis masih ada 3,4 juta masyarakat buta aksara. Sebagian besar dari mereka, berada di daerah terpencil.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA