Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Rangka Para Pahlawan Sebaiknya Dipindahkan ke Indonesia

Kamis 21 Sep 2017 14:08 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Eurico Guterres.

Eurico Guterres.

Foto: Ist

REPUBLIKA.CO.ID,KUPANG -- Uni Timor Aswain (UNTAS), sebuah wadah organisasi pemersatu orang Timor Timur di perantauan, mengharapkan agar rangka para pahlawan Indonesia pada sejumlah Taman Makam Pahlawan (TMP) di Timor Leste dipindahkan ke Indonesia agar bisa terawat dengan baik. "Kami sudah menyurati Presiden Joko Widodo agar rangka para pahlawan kita yang ada di Timor Leste saat ini dipindahkan semuanya ke Indonesia," kata Ketua Umum DPP UNTAS Eurico Guterres di Kupang, Kamis.

Ia mengatakan keinginan UNTAS meminta pemerintah memindahkan semua rangka para pahlawan Indonesia tersebut agar bisa dirawat dengan baik. Karena semua TMP Indonesia yang ada di Timor Leste sama sekali tak terawat.

TMP Seroja Dili serta TMP Baucau, misalnya, sebelumnya menjadi ladang pemakaman bagi para pejuang Indonesia yang gugur di Timor Timur, ketika wilayah setengah Pulau Timor itu menjadi bagi dari NKRI. Namun, Timor Timur kini telah berdiri menjadi sebuah negara merdeka dan berdaulat yang diproklamirkan pada Mei 2002 setelah meraih kemerdekaan dari Indonesia melalui jajak pendapat di wilayah bekas koloni Portugis itu pada Agustus 1999.

"Kini, ribuan TMP Indonesia yang menyebar di 13 distrik Timor Leste tidak terawat dan tidak diperhatikan oleh Pemerintah, karena sudah berada di negeri orang," kata Guterres.

Ia mengatakan rasanya tidak mungkin bagi masyarakat Timor Leste untuk menghormati para pahlawan Indonesia yang menyebar pada sejumlah TMP yang ada di negara baru itu. "Sebagai anak bangsa, saya tidak tega jika TMP Indonesia yang ada di Timor Leste saat ini kemudian menjadi terbengkalai dan menjadi ladang peternakan karena tidak diurus," ujarnya.

Mantan Wakil Panglima Pejuang Pro Integrasi (PPI) itu berpendapat jika rangka para pahlawan Indonesia tidak bisa dipindahkan, maka langkah yang harus diambil adalah menguburkan mereka pada satu titik lokasi agar mudah dirawat.
"Siapa yang mau merawat dan menjaga TMP Indonesia yang menyebar di 13 distrik tersebut? Karena itu, sebaiknya dikuburkan di satu titik lokasi agar mudah dirawat dan dijaga," ujarnya.

Ia juga mengharapkan agar kunjungan Panglima TNI Gatot Nurmantyo ke TMP Seroja di Dili dan TMP Baucau itu menjadi sebuah langkah awal ke arah penataan TMP Indonesia ke arah yang lebih baik. Panglima TNI Gatot Nurmantyo mengatakan kedua TMP tersebut (Seroja Dili dan Baucau) sudah direnovasi meski belum sempurna.

Namun, Jenderal Nurmantyo berjanji akan terus memperhatikan sejumlah TMP Indonesia yang ada di Timor Leste tersebut, karena bagaimana pun juga para pahlawan yang terkubur di sana adalah prajurit TNI yang gugur dalam mempertahankan Merah Putih agar tetap berkibar di Timor Timur pada saat itu.***2***

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA