Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

UMY dan Alumni Gelar Konser Simfoni Berkemajuan Malam Ini

Kamis 21 Sep 2017 14:11 WIB

Red: Muhammad Fakhruddin

Rektor UMY Gunawan, Dwiki Dharmawan, dan Keluarga Alumni UMY, Kamis (21/9).

Rektor UMY Gunawan, Dwiki Dharmawan, dan Keluarga Alumni UMY, Kamis (21/9).

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Pengurus Pusat Keluarga Alumni UMY (KAUMY) menggelar Konser Religi bertajuk "Simfoni Negeri Berkemajuan", Kamis malam (21/9) di Gedung Sportorium UMY.

Musikus Jazz senior Indonesia Dwiki Dharmawan akan memimpin orksestra serta paduan suara. 

Terdapat 60 musisi dari Yogyakarta dan sekitar 100 peserta paduan suara dari mahasiswa UMY dan beberapa perguruan tinggi Muhammadiyah di Yogya. 

 

"Seneng dakwah melalui seni pada Simfoni Negeri Berkemajuan ini. Acaranya tidak tanggung-tanggung ada orchestranya. Pesan moralnya, kita menampilkan banyak syair karya dari banyak sastrawan. Termasuk Bang Rafli, karya sastranya tinggi dalam bahasa Aceh,” ujar Dwiki Dharmawan.

Selain Dwiki, sejumlah artis yang tampil antara lain Ita Purnamasari, Fatin Shidqia, dan penyair kondang asal Aceh Rafli Kande. 

"Fatin di antaranya akan menyanyikan hitsnya Proud to be Moeslem. Lagu Rafli di antaranya Ibu, Ya Rabbana. Sedang Ita akan membawakan lagu Zikir tak Putus-putusnya, Dengan Menyebut Nama Allah dan lainnya. Kami tampil sekitar 90 menit,” kata Dwiki. 

Rektor UMY Gunawan Budianto mengatakan UMY memberikan sajian kebudayan tentunya sebuah pembelajaran awal yg baik untuk meningkatkan potensi kesenian dan kebudayaan. 

"Ini bisa menjadi starting point yang baik bagaimana Islam bisa dilaksanakan syariahnya melalui pendekatan kebudayaan," kata Gunawan dalam acara Ghatering Rektorat, Alumni UMY, dan Pengisi Acara Simfoni Berkemajuan, Kamis (21/9).

Wakil Rektor UMY Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan AIK, Hilman Latief menambahkan, melalui konser ini juga menunjukkan bahwa Muhammadiyah memiliki perhatian terhadap dunia musik. "Selain itu, acara ini juga merupakan sebuah penyambutan bagi mahasiswa baru dan dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam," ujarnya.

Hilman juga menambahkan, selain sebagai momen untuk menyambut mahasiswa baru, konser ini juga bertujuan untuk memberikan ruang kepada beberapa unit kegiatan mahasiswa (UKM) seperti UKM Musik, Paduan suara serta yang baru saja pulang dari Chile yaitu UKM Tari. "Selain itu, nantinya juga akan ada penggalangan dana kemanusiaan, maka dari itu acara ini memakan proses persiapan yang cukup lama. Dan semoga kedepannya bisa terjalin kerjasama yang berkelanjutan antar berbagai pihak," ujarnya.

Wakil Ketua KAUMY Gintoro mengajak semua alumni UMY untuk bergabung dalam acara Konser Simfoni Berkemajuan ini. Selain konser ini, kata Gintoro, akan diluncurkan Alumni Award dan Beasiswa Alumni, serta website KAUMY, www.kaumy.net.  "Kolaborasi UMY dan KAUMY ini momentum semakin meningkatkan peran alumni UMY di berbagi bidang," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA