Monday, 18 Zulhijjah 1440 / 19 August 2019

Monday, 18 Zulhijjah 1440 / 19 August 2019

Pansus Gelar Rapat Internal Bahas Pemanggilan KPK

Senin 02 Oct 2017 16:04 WIB

Red: Bayu Hermawan

Eddy Kusuma Wijaya (kanan)

Eddy Kusuma Wijaya (kanan)

Foto: Republika/ Yasin Habibi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket DPR akan melakukan rapat internal, salah satunya untuk membahas prioritas pemanggilan pimpinan KPK. Hal itu guna mengonfirmasi berbagai temuan Pansus.

"Rapat akan dilakukan nanti malam, salah satunya terkait prioritas pemanggilan Pimpinan KPK, mengenai penjadwalannya," kata Wakil Ketua Pansus Angket Eddy Kusuma Wijaya di Jakarta, Senin (2/10).

Eddy Kusuma Wijaya mengatakan Pansus rencananya akan menyusun jadwal untuk kegiatan selanjutnya, intinya menginventarisasi kembali hal-hal yang perlu didalami mengenai empat fokus penelitian Pansus yaitu masalah kelembagaan, kewenangan, Sumber Daya Manusia (SDM), dan penggunaan anggaran. Dia menjelaskan sesuai dengan aturannya, Pansus akan memanggil pimpinan KPK untuk kedua kali dan apabila tidak datang maka dilakukan pemanggilan ketiga.

"Ini baru sekali dipanggil, kalau misalnya tidak datang juga maka dilakukan upaya hukum sebagaimana diatur dalam UU nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD," ujarnya.

Selain itu, Eddy mengatakan rapat internal Pansus juga akan membahas mengenai adanya pendapat agar Pansus mengundang para mantan penyidik KPK untuk mendalami proses penyidikan.

Menurutnya, pelaksanaan pemanggilan berbagai pihak akan disusun sehingga penggunaan waktu lebih efektif dan efisien agar hasilnya benar-benar menenuhi harapan.

"Masalah korupsi di Indonesia adalah masalah yang massif, terstruktur, dan sistematis sehingga harus dilawan bersama agar KPK kuat serta tidak berjalan sendiri dalam memberantas korupsi," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA