Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

PKS Resmi Usung Oded Jadi Bakal Calon Wali Kota Bandung

Selasa 17 Oct 2017 16:01 WIB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Andri Saubani

Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial

Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial

Foto: Republika/Edi Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mengumumkan akan mengusung Oded M. Danial sebagai calon dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Bandung 2018 mendatang. Nama Oded yang saat ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Bandung ditetapkan bakal calon yang akan diusung PKS lewat Surat Keputusan (SK) yang ditandatangani langsung oleh Ketua DPW PKS Jawa Barat Ahmad Syaikhu.

Ketua DPD PKS Kota Bandung Tedy Rusmawan mengumumkan keputusan tersebut di kantor DPD PKS Kota Bandung,Jalan Katamso, Selasa (17/10). "Berdasarkan Surat persetujuan DPP PKS No.05/D/REK/WLD3-PKS/I439tanggal20 Muharram I439 H / 10Oktober20I7 memutuskan menetapkan saudara Oded Muhammad Danial sebagai bakal calok walikotaatau wakil walikota Bandung periode 2018-2023," kata Tedy dalam konferensi persnya.

Tedy mengatakan keputusan ini sudah merupakan keputusan final setelah melalui sejumlah proses internal. Ketetapannya pun telah berdasarkan keputusan DPP dan DPW PKS Jawa Barat. Selain merupakan petahana, Tedy menyebutkan penetapan Oded sebagai bakal cawalkot karena dalam survei selalu berada di posisi teratas dibandingkan nama-nama yang sudah muncul. "Survei internal bulan Agustus dan September, Alhamdulillah Mang Oded tertinggi,"ujarnya.

Setelah penetapan ini, ia mengatakan, PKS memberikan keleluasaan kepada calon untuk menyusun visi dan misi. Serta membangun komunikasi dengan tokoh dan partai politik lainnya yang kemungkinan akan berpasangan.

Menurut dia, partainya juga akan membangun komunikaso dengan parpol lainnya untuk menjajaki koalisi. Sebab PKS tidak bisa mengusung calonnya sendiri dalam Pilwalkot Bandung 2018. "PKS harus berkoalisi karena kan cuma enam kursi, sementara untuk bisa mengusung calon minimal 10 kursi," ucapnya.

Oded yang juga hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan sebagai kader siap menjalani keputusan partai. Apalagi, ini adalah amanah kedua setelah dirinya juga diusung berpasangan dengan Ridwan Kamil pada 2013 lalu.

"Karena sebuah mekanisme musyawarah di PKS, hari ini keputusannya saya masih mendapatkan amanah untuk maju sebagai calon wali kota, untuk itu saya secara pribadi sebagai kader PKS,apa yang diputus oleh partai Insya Allah menerima dan siap untuk memenangkan Pilkada Kota Bandung," kata Oded.

Oded pun menegaskan, akan melanjutkan pembangunan Kota Bandung setelah menjabat sebagai wakil wali kota sejak 2013 lalu. Terutama, visi misi yang belum terlaksana pada periode jabatannya saat ini.

Disinggung soal kriteria calon yang akan mendampinginya sebagai wakil, Oded mengaku ingin mencari calon yang bisa saling melengkapi dengan dirinya. Sebab menurutnya semua orang memiliku kelebihan dan kelemahan. Termasuk dirinya juga memiliki titik-titik lemah yang diharap bisa dilengkapi wakilnya nanti.

"Saya meyakini bahwa manusia semuanya tidak ada yang sempurna. Calon pendamping saya punya ekspektasi dan harapan calon pasangan, minimal secara integritas harus cukup baik lah. Kemudian juga kapasitas saling melengkapi, saling sinergi. Yang tidak lupa juga yang saya harapkan dari sisi potensi," tutur Oded.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA