Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Kota Padang Bakal Punya Ikon Huruf Raksasa di Gunung Padang

Kamis 26 Oct 2017 05:44 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Andi Nur Aminah

Pemandangan Kota Padang dengan latar belakang Gunung Padang

Pemandangan Kota Padang dengan latar belakang Gunung Padang

Foto: Wikipedia

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Kota Padang akan menambah satu lagi spot foto menarik. Pemerintah Kota Padang berencana mempercantik kawasan Gunung Padang yang lekat dengan legenda Siti Nurbaya, melalui penambahan ikon huruf raksasa. Nantinya, tulisan "Padang Kota Tercinta" akan dipasang di salah satu sisi Gunung Padang dan bisa dilihat dari kejauhan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang Medi Iswandi menyebutkan, pemasangan ikon huruf raksasa di Gunung Padang untuk menambah daya tarik wisata kota pinggir laut tersebut. Kawasan Gunung Padang memang sedang gencar dipercantik, termasuk dengan digagasnya rumah warna-warni dan pengembangan fasilitas wisata. "Secara perlahan, Gunung Padang kita benahi," jelas Medi, Rabu (25/10).

Medi meyakini penambahan ikon huruf raksasa akan menambah daya tarik Gunung Padang. Nantinya, pengunjung Pantai Padang bisa berfoto dengan latar belakang tulisan besar di Gunung Padang di kejauhan. "Pengerjaannya ditargetkan selesai Desember 2017," kata Medi.

Tidak itu saja, makam Siti Nurbaya juga dalam tahap pembenahan. Pemkot Padang memperbaiki tangga menuju lokasi makam Siti Nurbaya. Begitu halnya dengan fasilitas penunjang lain. Di sekitar lokasi makam juga dibuatkan spot foto agar pengunjung dapat menikmati keindahan Gunung Padang untuk diabadikan. "Pengembangan ini bagian dari program 'Kawasan Wisata Terpadu' Gunung Padang," kata Medi.

Sementara itu, Medi juga menjelaskan bahwa saat ini telah terbentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Siti Nurabaya. Pokdarwis ini nantinya akan menjadi mitra pemerintah dalam menjaga dan ikut mengelola kawasan tersebut.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA