Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

HMI Solo Ekspresikan Rasa Bangga Lafran Pane Jadi Pahlawan Nasional

Ahad 12 Nov 2017 12:38 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Bayu Hermawan

Kader HMI Cabang Solo berjalan kaki di Jalan Slamet Riyadi, mengabarkan pada warga tentang sosok Lafran Pane yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional, Ahad (12/11)

Kader HMI Cabang Solo berjalan kaki di Jalan Slamet Riyadi, mengabarkan pada warga tentang sosok Lafran Pane yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional, Ahad (12/11)

Foto: Andrian Saputra

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Ratusan keder Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kota Solo mensosialisasikan Prof. H. Lafran Pane sebagai pahlawan nasional yang ditetapkan Presiden Joko Widodo pada Kamis (9/11). Dengan membawa spanduk dan poster-poster bergambar Lafran Pane, para kader-kader HMI berjalan kaki menyusuri jalan protokol Slamet Riyadi.

Mereka mengabarkan kepada wargayang tengah berolahraga di Car Free Day Slamet Riyadi pada Ahad (12/11) tentangsosok pendiri HMI yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

"Kami berterimakasih kepada Jokowi yang telah menganugerahkan kepada pendiri HMI Professor Haji Lafran Pane yang telah diangkat sebagai pahlawan nasional," ujar Ketua Bidang Partisipasi PembangunanDaerah, Hari Sapto Pramono.

Ia pun merasa bangga setelah Presiden Jokowi menetapkan Lafran Pane sebagai pahlawan nasional. Hari mengungkapkan tokoh yang lahir di Padang Sidempuan pada 5 Februari 1922 itu mempunyai andil besar dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Menurutnya pemikiran-pemikiran Lafran Pane telah melecutkan semangat pemuda-pemudi Indonesia untuk memperjuangkan dan mempertahankankemerdekaan yang telah diraih saat itu. Lebih dari itu, kata dia, aksi tersebut dilakukan kader-kader HMI Cabang Solo untuk memberi tahu warga tentang kesederhanaan hidup Lafran Pane.

"Kita ingin warga tahu siapa Lafran Pane, dia sosoksederhana tapi semangatnya luar biasa, sikap kesederhaaan, intelektualnya bisakita ambil contoh," katanya.

Aksi jalan kaki yang diikuti sekitar 200 kader HMICabang Solo itu pun menyita perhatian warga Solo yang sedang berolahraga. Sejumlahwarga berupaya untuk berswafoto dengan kader-kader HMI yang membawa poster-poster bergambar Lafran Pane.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA