Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

PLN Antisipasi Gangguan Listrik Selama Musim Hujan

Jumat 17 Nov 2017 09:40 WIB

Red: Gita Amanda

Jaringan listrik PLN (ilustrasi)

Jaringan listrik PLN (ilustrasi)

Foto: infokorupsi.com

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - - PT Perushaaan Listrik Negara (PLN) (Persero) Area Surakarta, Jawa Tengah, berupaya mengantisipasi gangguan listrik selama musim hujan, salah satunya melalui patroli setiap hari.

"Patroli untuk memastikan keandalan jaringan listrik kami lakukan setiap hari, tujuannya juga untuk menjaga jaringan jarak aman listrik dengan sesuatu yang berpotensi mengganggu jaringan tersebut," kata Manager Area PLN Surakarta Mundhakir di Solo, Jumat (17/11).

Ia mengakui saat musim hujan salah satu kejadian yang berdampak pada gangguan jaringan adalah pohon tumbang. "Kami minta maaf akhir-akhir ini sering padam. Banyak jaringan yang ketimpa pohon," katanya.

Menurut dia, secara Right of Way (ROW) jika tidak ada pohon tumbang maka jaringan juga tidak akan terkena dampaknya. Artinya jika hanya angin maka jaringan tetap aman. Tetapi kalau pohon tumbang, meskinya jaraknya jauh selama masuk jangkauan bisa tertimpa. Ranting pohon pun jika patah juga bisa mengenai jaringan.

Selain patroli, kata Mudhakir, langkah lain yang dilakukan oleh PLN untuk menjaga keandalan jaringan tersebut adalah inspeksi yang dilakukan selama 24 jam. "Kalau ditemukan ada gangguan di lapangan langsung eksekusi. Jadi tindakan kami lebih ke prediktif preventif," katanya.

Pihaknya juga berharap adanya sikap kooperatif masyarakat untuk menjaga lingkungan. Salah satunya mengurangi cabang pohon yang sudah mulai mengenai jaringan listrik.


sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA