Thursday, 21 Zulhijjah 1440 / 22 August 2019

Thursday, 21 Zulhijjah 1440 / 22 August 2019

Penguatan Pendidikan Karakter Butuh Koordinasi Semua Pihak

Kamis 23 Nov 2017 18:18 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Gita Amanda

Dirjen Dikdasmen Kemendikbud Hamid Muhammad, Mendikbud Muhadjir Effedy, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Wagub Maluku Zeth Sahuburua, dan Ketua PWM Abdul Haji Latua (dari kiri) saat Seminar Pendidikan pada Tanwir Muhammadiyah di Islamic Center Amb

Dirjen Dikdasmen Kemendikbud Hamid Muhammad, Mendikbud Muhadjir Effedy, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Wagub Maluku Zeth Sahuburua, dan Ketua PWM Abdul Haji Latua (dari kiri) saat Seminar Pendidikan pada Tanwir Muhammadiyah di Islamic Center Amb

Foto: Republika/ Wihdan Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dengan mengusung pendidikan karakter di Hari Guru Nasional 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengajak semua pihak berkoordinasi dan integrasi dalam penguatan pendidikan karakter bangsa.

Plt Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Hamid Muhammad mengatakan, sesuai instruksi presiden (inpres) 87/2017 tentang penguatan pendidikan karakter maka semua harus fokus membangun karakter anak-anak di keluarga dan masyarakat.

"Jadi sinergi harus kita lakukan bersama. Karena karakter ini kan pondasi," katanya saat konferensi pers mengenai Hari Guru Nasional (HGN) 2017, di Jakarta, Kamis (23/11).

Oleh karena itu, kata dia, Kemendikbud sengaja menggelar peringatan HGN tahun ini yang fokus pada pembangunan karakter. Oleh karena itu, kata dia, dalam rangka Hari Guru Nasional tahun ini Kemendikbud membangun karakter bangsa.

"Namun, ini tidak bisa kami lakukan sendirian. Kita harus berintegrasi untuk membangun karakter bangsa bersama-sama," katanya.

Sementara itu, Direktur Pembinaan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Sri Renani Pantjastuti menambahkan,serangkaian kegiatan dimulai sejak hari ini dan acara puncak pada Sabtu (25/11). Adapun tema besar HGN 2017 ini, kata dia, adalah membangun pendidikan karakter melalui keteladanan.

"Penguatan pendidikan karakter adalah satu kebijakan prioritas dan sebagai pemegang utama. Jadi keteladanan guru sangat penting sekali," ujarnya.

Ia menerangkan rangkaian kegiatan HGN telah digelar di masing-masing direktorat jenderal guru dan tenaga kependidikan. Misalnya di direktorat pembinaan guru dan pendidikan anak usia dini (PAUD) Diknas ada kegiatan simposium mulai hari ini dan pesertanya sekitar 100 orang guru. Kemudian Dikdas mengadakan seminar nasional guru mulai hari ini sampai tgl 26 November 2017 mendatang.

"Jadi semua melaksanakan kegiatan tanggal 23-26 November," ujarnya.

Kemudian di Direktorat Pembinaan Guru Dikmen Kemendikbud mengadakan dua lomba inovasi pendidikan karakter. Selain itu, lomba penulisan naskah guru jumlah total 130 orang. Kemudian direktorat pembinaan tenaga kependidikan dikdasmen. Kemudian tanggal 24 dan 25 November, Kemendikbud mengadakan pekan kreatifitas guru dan apresiasi terhadap guru di plaza insan berprestasi. Pekan kreatifitas akan menampilkan hasil karya para guru termasuk yang terbaik. Di kegiatan itu Kemendikbud juga akan menggelar seminar dan diskusi.

"Hari H tanggal 25 November 2017 kita akan melaksanakan upacara hari guru. Kemudian dilanjutkan pemberian penghargaan yang ikut lomba," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA