Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

900 Ribu Wisatawan Kunjungi Tanah Datar Tahun Ini

Kamis 14 Des 2017 14:40 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Ilustrasi.

Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BATUSANGKAR, SUMBAR -- Sebanyak 900 ribu wisatawan mengunjungi Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat dari Januari hingga November 2017.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Tanah Datar, Edi Susanto di Batusangkar, Kamis (14/12), mengatakan jumlah tersebut berasal dari dalam negeri dan mancanegara. "Untuk pengunjung mancanegara didominasi oleh negara Malaysia lalu diikuti oleh Australia dan kemudian Eropa," katanya.

Kunjungan wisatawan dalam negeri berasal dari seluruh daerah di Sumatera dan Jabodetabek untuk daerah di luar Sumatera.

Menurut dia, target kunjungan yang telah ditetapkan untuk tahun ini adalah sebanyak 1.025.000 orang dan hingga akhir 2017 jumlah tersebut diperkirakan akan terpenuhi. "Dari pertengahan hingga akhir Desember terdapat banyak hari libur dan juga ditambah dengan adanya libur akhir tahun," ujarnya.

Selain itu, keberadaan Hotel Emersia yang merupakan hotel berbintang juga ikut menunjang meningkatnya kunjungan wisatawan ke daerah tersebut.

Senada, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Istano Basa Pagaruyuang, Ridwan mengatakan tingkat kunjungan ke Istana Pagaruyuang juga didominasi oleh wisatawan Malaysia untuk yang dari luar negeri.

Menurutnya, pengunjung umum juga lebih banyak dari pada siswa maupun mahasiswa. Akan tetap selama tahun 2017 juga tercatat beberapa kali kunjungan mahasiswa yang melakukan kuliah lapangan. "Jika pengunjungnya adalah mahasiswa maupun pelajar yang melakukan study lapangan, maka mereka akan langsung dipandu oleh kepala UPT," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA