Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Jokowi Mulai Berpikir Tambah Srikandi dalam Kabinet Kerja

Jumat 22 Dec 2017 18:38 WIB

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Bilal Ramadhan

Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo

Foto: EPA/Made Nagi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik Peringatan hari ibu ke-89 yang digelar di Lapangan Waisai Torang Cinta (WTC), pada Jumat, 22 Desember 2017. Hal ini menunjukkan apresiasi pemerintah terhadap seluruh perempuan di Tanah Air, termasuk Mama-Mama Papua.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden secara khusus menyapa dan berinteraksi dengan sejumlah Mama-Mama Papua yang hadir serta memeriahkan Peringatan Hari Ibu. Jokowi dan Ibu Iriana mengunjungi setiap kios dagangan Mama-Mama Papua yang memang sengaja dipamerkan untuk acara tersebut.

Bahkan, Presiden dan Ibu Iriana juga membeli sejumlah barang dagangan yang dijajakan Mama-Mama Papua. Mulai dari buah salak, buah pinang, hingga sagu. Dalam interaksinya dengan Mama-Mama Papua, Presiden menemukan fakta yang menarik yang menunjukkan betapa perempuan-perempuan Papua dan di seluruh Tanah Air ikut serta berjuang memajukan Indonesia.

"Saya kira semua perempuan memiliki kontribusi besar dalam negara ini. Kita lihat, ibu-ibu yang menjual salak, sagu, pinang, saya kira ini menunjukkan sebuah kekuatan perjuangan kaum perempuan dalam rangka, ada yang menyekolahkan anaknya, mengkuliahkan anaknya, membangun rumah," ujar Jokowi usai mengikuti perayaan Hari Ibu.

Melihat semangat dan peran besar perempuan Indonesia, Jokowi mengakui adanya kemungkinan untuk menambah jumlah menteri perempuan di masa mendatang. "Ya bisa saja, mungkin malah ditambah," ungkapnya.

Saat ini srikandi Indonesia memamg cukup banyak bercokol sebagai Menteri di Kabinet Kerja yang diusung Jokowi. Diketahui terdapat Nila F Moeloek sebagai Menteri Kesehatan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawangsa, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri KLHK Siti Nurbaya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PPPA Yohana S. Yembise, serta Menko PMK Puan Maharani. Artinya sudah ada sembilan srikandi dalam pemerinatahan saat ini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA