Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Gali Potensi Cisadane Pemkot Tangerang Kaji Transportasi Air

Kamis 04 Jan 2018 16:05 WIB

Rep: Singgih Wiryono/ Red: Andi Nur Aminah

Sungai Cisadane (ilustrasi)

Sungai Cisadane (ilustrasi)

Foto: Republika/Ronggo Astungkoro

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kota Tangerang ingin menggali potensi sungai Cisadane yang membelah Kota Tangerang. Salah satu caranya adalah melirik sebagai potensi pengembangan transportasi dalam kota. Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Syaiful Rohman mengatakan, saat ini Dinas Perhubungan Kota Tangerang sedang melakukan pengkajian terkait hal tersebut. "Kita masih lakukan kajian untuk transportasi itu dulu," ujar dia pada Republika.co.id di Tangerang, Kamis (4/1).

Syaiful Rohman mengatakan, pengkajian dilakukan untuk melihat gambaran menyeluruh transportasi air seperti apa yang akan diterapkan di sungai yang panjangnya kurang lebih sepanjang 126 kilometer hingga ke Bogor. Kemungkinan, dia mengatakan transportasi air iitu akan menjadi transportasi umum. Namun demikian, lanjut dia, pengkajian menyeluruh baik dari keselamatan, dan lainnya harus dilakukan terlebih dahulu secara seksama.

"Kaitan dengan masalah pengelolaan dan lainnya belum sampai sana, kita akan lakukan pengkajian, masalahnya seperti apa, kelebihannya seperti apa dan kekurangannya seperti apa," kata dia.

Pria paruh baya tersebut sambil sedikit bercanda menggambarkan model transportasi air akan seperti perahu air biasa. Tidak mungkin, kata dia, model transportasi air dirubah seperti transportasi darat. "Modelnya perahu air, enggak mungkin model angkot," kata dia sambli tertawa renyah.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA