Sunday, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 January 2020

Sunday, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 January 2020

Asian Games, DKI Targetkan UKM Raup Rp 2 Miliar

Kamis 04 Jan 2018 17:01 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Ratna Puspita

Maskot Asian Games 2018 (Bhin-Bhin, Atung dan Kaka) yang terpasang di Bandara Sultan Mahmud Baddarudin (SMB) II Palembang, Sumatra Selatan.

Maskot Asian Games 2018 (Bhin-Bhin, Atung dan Kaka) yang terpasang di Bandara Sultan Mahmud Baddarudin (SMB) II Palembang, Sumatra Selatan.

Foto: ANTARA/Nova Wahyudi

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta -- Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta menargetkan total pendapatan UKM yang berpartisipasi dalam pembuatan suvenir Asian Games 2018 mencapai Rp 2 miliar. Target tersebut lebih tinggi daripada hasil dari SEA Games 2011 yang hanya Rp 800 juta.

“Kami harapkan Asian Games karena tingkatnya Asia bisa mencapai sekitar Rp 1,5 miliar sampai Rp 2 miliar,” kata Irwandi, di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (4/1).

Sistem penjualan yang dilakukan pun berbeda dengan SEA Games 2011. Pada penyelenggaraan Desember 2011, para pengusaha UKM berdagang mulai tujuh hari sebelum pembukaan hingga SEA Games berakhir. Dinas KUMKMP merasa waktu penjualan tersebut terlalu cepat. 

Pada pesta olahraga terakbar di Asia tahun ini, Irwandi mengatakan, UKM akan mulai berdagang suvenir pada Februari mendatang. Dia berharap waktu penjualan yang dimulai tujuh bulan dari pembukaan Asian Games 2018 tersebut dapat membantu UKM untuk bisa menjual lebih banyak suvenir.

"Kalau bisa Februari ini sudah bisa dijual. Bikin dulu dua lusin tiga lusin lalu jual, kan sampai tujuh bulan lagi masih lama kan. Kalau dulu kan enggak, bikin sekaligus 20 lusin, lakunya paling 10, nanti sepuluhnya lagi dijual murah," kata Irwandi menambahkan.

Irwandi juga mengatakan, nantinya UKM bisa menjual barang dagangannya di beberapa tempat yang sudah disediakan, seperti mal dan venue pertandingan. "Nanti ada stan UKM, seperti di Citos (Cilandak Town Square), di PIM (Pondok Indah Mall), di venue pasti ada, kami akan bikin tiga booth," kata dia.

Target pembeli suvenir tersebut adalah atlet serta rombongannya yang hadir di Jakarta. Asian Games tahun ini bakal diikuti 45 negara. Selain itu, tidak menutup kemungkinan apabila warga Jakarta yang juga ingin membeli barang berbau Asian Games 2018.

Masyarakat yang ingin bergabung memproduksi souvenir Asian Games 2018 sampai saat ini masih dinantikan oleh Pemprov DKI. Info lebih lanjut terkait pendaftaran UKM dapat dilihat di website Dinas KUMKMP.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA