Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Dua Unit Rusunawa akan Dibangun di Kota Surabaya

Senin 08 Jan 2018 07:44 WIB

Red: Nur Aini

Proyek rumah susun sederhana sewa/rusunawa (ilustrasi)

Proyek rumah susun sederhana sewa/rusunawa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemerintah Kota Surabaya siap membangun dua unit rumah susun sewa sederhana (rusunawa) di kawasan Panjaringan Sari dan Siwalankerto pada 2018.

Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman Dinas Cipta Karya Tata Ruang Kota Surabaya Iman Kristian mengatakan pihaknya telah membangun satu unit rusunawa di Jambangan Baru pada 2017.

"Rusunawa Jambangan Baru yang dibangun pemkot sendiri, sudah selesai tinggal bagian luarnya saja," katanya di Surabaya, Senin (8/1).

Menurut dia, selama ini biasanya Pemkot Surabaya hanya menyiapkan lahannya untuk rusunawa, sedangkan pemerintah pusat yang membangun. "Tapi untuk kali ini pemkot sendiri yang membangunnya," katanya.

Menurut dia, pemerintah pusat selama ini memiliki standar dalam pembangunan rusun yakni tersedianya lahan yang disediakan pemerintah daerah dengan luasan 3.000 meter persegi.

Kalau lahan luasanya kurang dari itu, kata dia, maka pemerintah pusat tidak menyetujuinya. Lahan-lahan yang tidak disetujui oleh pemerintah pusat ini yang digunakan Pemkot Surabaya membangun rusunawa. "Kalau rusunawa yang dibangun pemkot luasan kecil sekitar 1.600 meter persegi. Memang kecil, karena itu kami intensifkan pembangunan vertikal. Jadi meskipun lahan kecil bukan jadi kendala," katanya.

Untuk pembangunan rusunawa, Pemkot Surabaya menganggarkan biaya kurang lebih sebesar Rp 12 milliar per unit. Selain akan membangun lagi dua unit rusunawa, tahun ini, pemerintah pusat juga akan membangun lima unit rusunawa dilahan milik Pemkot Surabaya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA