Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

KPU: Belum Ada Tambahan Jenderal yang Daftar Pilkada 2018

Selasa 09 Jan 2018 19:33 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Andi Nur Aminah

Komisioner KPU,  Ilham Saputra,  memberikan keterangan perkembangan pendaftaran bakal calon kepala daerah Pilkada serentak 2018, Senin (8/1).

Komisioner KPU, Ilham Saputra, memberikan keterangan perkembangan pendaftaran bakal calon kepala daerah Pilkada serentak 2018, Senin (8/1).

Foto: Republika/Dian Erika Nugraheny

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ilham Saputra, mengatakan baru ada satu perwira TNI/Polri yang mendaftar sebagai bakal calon kepala daerah di hari kedua pendaftaran Pilkada 2018, Selasa (9/1). Hingga hari kedua pendaftaran pun, belum ada satu bakal paslon cagub-cawagub yang mendaftar di KPUD Jawa Timur (Jatim).

Menurut Ilham, berdasarkan rekap data pendaftaran hari kedua pada Selasa petang, sudah ada 105 pasangan bakal calon kepala daerah yang mendaftarkan diri. "Dengan demikian, ada 34 pasangan bakal calon kepala daerah yang mendaftar di hari kedua ini. Sehingga besok pada hari terakhir, kami tinggal menanti sisa bakal calon kepala daerah yang mendaftar," ujar Ilham kepada wartawan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (9/1) malam.

Ilham mengungkapkan, belum ada tambahan perwira tinggi TNI/Polri yang mendaftarkan diri di hari kedua pendaftaran. Dengan demikian, baru satu perwira TNI, yakni Letjend Edy Rahmayadi yang berpasangan dengan Musa Rajeckshah, telah resmi mendaftar sebagai bakal calon kepala daerah.

"Mungkin Pak Anton Charliyan akan mendaftar pada Rabu (10/1) besok untuk Pilkada Jawa Barat (Jabar) dan Pak Murad Ismail untuk Pilkada Maluku juga demikian. Kita tunggu saja, " lanjut Ilham.

Dia menyebutkan sejumlah provinsi sudah memiliki pasangan bakal calon kepala daerah. Di antaranya yakni Sumut, Riau, Lampung, Bali, NTT, Kalimantan Barat (Kalbar), Sulawesi Tenggara (Sultra), Maluku Utara (Malut) dan Jabar. Sementara itu, belum ada satu pun pasangan cagub-cawagub yang mendaftar untuk Pilkada Jawa Timur (Jatim) hingga Selasa sore. Ilham menambahkan, KPU akan menutup pelaksanaan pendaftaran pada pukul 00.00 waktu setempat, Rabu (10/1). Pembukaan pendaftaran pada hari terakhir besok tetap akan dimulai pukul 08.00 waktu setempat.



BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA