Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

KPAI: Anak Jalanan Lebih Rentan Alami Kekerasan Seksual

Senin 15 Jan 2018 18:07 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Endro Yuwanto

Anak jalanan (ilustrasi)

Anak jalanan (ilustrasi)

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyatakan, anak-anak jalanan lebih rentan mengalami kekerasan seksual dibandingkan anak-anak normal yang tinggal di rumah. Karena itu, kekerasan seksual terhadap anak jalanan selama ini lebih tinggi.

"Menurut saya kerentanan anak-anak jalanan lebih tinggi dibandingkan anak-anak normal yang tinggal di rumah karena mereka (anak-anak jalanan) hidup sangat terbuka, represi, serta kekuasaan dengan orang-orang di sekitar tidak setara. Sehingga kerentanan untuk mendapatkan kekerasan jauh lebih tinggi, baik fisik maupun psikologi," kata Wakil Ketua KPAI Rita Pranawatisaat dihubungi Republika.co.id, Senin (15/1).

Rita menyontohkan ketika sang anak ini memiliki 'atasan' maka tindakan represinya lebih kuat. Kemungkinan ini bertambah jika bocah-bocah ini tidak pulang ke rumah dan hidup bersama dengan 'bos'-nya. "Peluang terkena pelecehan seksual semakin tinggi," ujarnya.

Jadi, kata Rita, kondisi yang dialami anak-anak jalanan saat ini seperti kasus video mesum melibatkan anak di Bandung, Jawa Barat, merupakan puncak gunung es. Untuk itu, ia meminta pemerintah harus lebih bekerja keras dalam mengentaskan bocah-bocah ini dan juga keluarganya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA