Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Puluhan Hektare Sawah di Kelurahan Napa Kekeringan

Ahad 04 Mar 2018 01:13 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Sawah (ilustrasi)

Sawah (ilustrasi)

Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Kekeringan akibat tanggul irigasi jebol.

REPUBLIKA.CO.ID,  TAPANULI SELTAN, SUMUT -- Puluhan hektare areal persawahan khususnya di Desa Sibongbong/kelurahan Napa, kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, mengalami kekeringan akibat tanggul irigasi jebol.

Camat Kecamatan Angkola Selatan Zamhir di Tapanuli Selatan, Sabtu, mengatakan panjang tanggul irigasi yang jebol itu mencapai lima belas meter yang terjadi tiga hari belakangan ini saat hujan deras mengguyur daerah tersebut.

"Masyarakat sempat bergotong-royong memperbaiki tanggul dengan seadanya namun tidak bertahan kemudian jebol lagi," ujarnya.

Mengantisipasi air terbuang sia-sia masyarakat daerah itu terpaksa menutup pintu air. "Kalau pintu air dibuka air akan keluar dari tanggul jebol dan dapat mengakibatkan areal kebun warga sekitarnya terendam,"sebutnya.

Menurut Zamhir dengan ditutupnya pintu air pada saluran irigasi tersebut mengakibatkan lebih kurang 40 hektare sawah di Sibombong/Napa yang saat ini membutuhkan air menjadi kering.

"Kiranya pemerintah dapat secepatnya melakukan perbaikan atas tanggul yang jebol tersebut mengingat kehidupan masyarakat di daerah ini bergantung pertanian/sawah," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA