Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Ridwan Kamil Terkesan dengan Kuliner Cirebon

Selasa 06 Mar 2018 21:37 WIB

Rep: Rachmat Santosa Basarah/ Red: Sandy Ferdiana

Cagub Jabar nomor urut 1 HM Ridwan Kamil (berpeci) mendatangi rumah makan empal gentong H Apud di Cirebon, Selasa (6/3).

Cagub Jabar nomor urut 1 HM Ridwan Kamil (berpeci) mendatangi rumah makan empal gentong H Apud di Cirebon, Selasa (6/3).

Foto: Dedi Junaedi/REPUBLIKA
Cirebon merupakan daerah yang memiliki wisata kuliner unggulan.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Tidak lengkap jika berkunjung ke Cirebon tanpa mencicipi empal gentong. Itulah kebiasaan Calon Gubernur Jabar nomor urut 1 HM Ridwan Kamil ketika berkunjung ke Cirebon. Dalam rangkaian kunjungannya ke Kabupaten Cirebon, Selasa (6/3), Ridwan Kamil menyempatkan diri mencicipi empal gentong H Apud.

‘’Kalau ke Cirebon, saya selalu mampir ke empal gentong H Apud. Dagingnya enak, empuk, dimasak dengan bumbu yang khas, kaya rempah. Ini makanan favorit saya kalau sedang ke Cirebon,’’ ujar Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, di Cirebon, Selasa (6/3).

Karena rasanya yang khas, kata Emil, empal gentong ini selalu membuat kangen. Tidak hanya enak, papar dia, empal gentong tergolong makanan yang harganya murah.

‘’Sudah enak, murah, pasti setiap orang suka,’’ cetus Emil. Dia berharap empal gentong bisa hadir di seluruh Tanah Air, dengan konsep manajemen franchise modern. Dengan demikian, maka makanan khas kota udang itu bisa lebih dikenal.

Menu kuliner khas Cirebon lainnya adalah nasi lengko, nasi jamblang. Semua menu itu, kata Emil, harus menjadi pilihan wisata kuliner di Cirebon.

Kunjungan Emil ke rumah makan empal gentong itu disambut langsung oleh H Apud, pemilik rumah makan empal gentong. ‘’Suatu kehormatan, Kang Emil datang lagi ke warung saya. Saya sangat senang dikunjungi oleh Kang Emil dan rombongan," ujar Apud. 

Apud menyatakan, soal rasa empal gentongnya yang berkesan, memang sengaja diracik dari bahan-bahan pilihan. Misalnya, dagingnya diambil dari rumah pemotongan hewan (RPH) setiap subuh.

‘’Bahan-bahannya fresh, begitupun rempah- rempahnya,’’ papar Apud. Dia mengungkapkan, setiap harinya menghabiskan satu kuintal daging sapi dan 50 Kilogram daging kambing.

Terkait pencalonan Emil dalam Pilgub Jabar, Apud menilai Emil merupakan pemimpin yang berkarakter kuat. ‘’Semoga kalau jadi, dia terus merakyat, ngajak rakyatnya bicara dan mendengar keluhan rakyat kecil,’’ pesan Apud.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA