Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Sosok Mantan Bos Matahari di Mata Karyawan

Sabtu 10 Mar 2018 20:39 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Pengusaha dan pemilik Taman Wisata Matahari, Bogor, Hari Darmawan, ditemukan tewas di aliran Sungai Ciliwung, Bogor, Sabtu (10/3).

Pengusaha dan pemilik Taman Wisata Matahari, Bogor, Hari Darmawan, ditemukan tewas di aliran Sungai Ciliwung, Bogor, Sabtu (10/3).

Foto: Humas Polres Bogor
Hari Darmawan dikenal rendah hati dan suka menyapa dengan karyawan.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sosok Hari Darmawan pendiri Matahari di mata karyawan dikenal sebagai figur rendah hati dan suka memberikan keteladanan selama masa hidupnya.

"Beliau sosok yang kelewat sempurna, sangat dekat dengan karyawan, tidak ada jarak," kata Hendrawan salah satu karyawan Hari Darmawan saat ditemui di rumah duka Sinar Kasih, Kota Bogor, Sabtu (10/3) malam.

Hendrawan sudah 25 tahun bekerja sebagai karyawan Hari Darmawan. Mulai dari Matahari Departmen Store hingga kini ia menjadi General Manajer Super Roti yang juga didirikan oleh Hari. 

 

"Hal paling berkesan dari almarhum adalah jiwa sosialnya yang tinggi, sewaktu masih di Matahari petugas keamanan saja dia tegur, dan berinteraksi," kata Hendrawan.

Menurut dia, banyak hal-hal kecil yang dipelajari oleh karyawan dari sosok Hari Darmawan, seperti selalu menyapa karyawannya ketika masuk kerja, bahkan memungut sampah yang terjatuh di toko. "Kita kadang kalah cepat dari dia (Hari-red) untuk menyapa duluan," katanya.

Bagi Hendrawan, sosok Hari dilihat dari keteladanannya. Hari menerapkan pelayanan costumer service dengan pola top down atau dari atas ke bawah.

"Costumer service itu kan polanya down to up, tapi oleh almarhum dibalik, dari atas ke bawah, dia memberi contoh itu," katanya.

Hari Darmawan ditemukan meninggal dunia di pinggir Sungai Ciliwung, sekitar 100 meter dari lokasi vila tempat tinggal di kawasan Taman Wisata Matahari pagi pukul 06.30 WIB.

Menurut Hendrawan seluruh karyawan kaget dan sangat kehilangan dengan kepergian Hari yang begitu mendadak. Hari merupakan pendiri Matahari Departmen Store, tapi kini bukan lagi pemilik.  Ia kini mengelola Taman Wisata Matahari, dan berbagai bisnis lainnya seperti Superroti, dan Supermall.

Hari diterbangkan menuju Bali ke rumah tempat istri dan anak-anaknya tinggal, dan dikremasi akan dilakukan oleh pihak keluarga.

Sewaktu diinapkan di rumah duka Sinar Kasih untuk transit sebelum diterbangkan ke Bali, sejumlah kolega, serta rekan bisnis Hari Darmawan berdatangan mengucapkan bela sungkawa. Termasuk bos Lippo James Riadi.

Jenazah diinapkan dari pukul 11.30 sampai 16.00 untuk menunggu penerbangan. Hingga berita ini diturunkan jenazah sudah bersiap menuju Bali

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA