Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

TGB Kepincut Kuliner 'Spiritualitas' Tasikmalaya

Sabtu 17 Mar 2018 03:04 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Didi Purwadi

Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) menghadiri undangan Maulid Akbar Nabi Muhammad SAW 1439 H dan Pelantikan DPD Aceh Sepakat di Medan, Sumut.

Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) menghadiri undangan Maulid Akbar Nabi Muhammad SAW 1439 H dan Pelantikan DPD Aceh Sepakat di Medan, Sumut.

Foto: dok Humas Pemprov NTB
Kuliner rasanya beda kalau ada sentuhan spiritualitas.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), TGH Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB), melakukan kunjungan kerja ke Tasikmalaya, Jawa Barat, kemarin. Meski hanya sehari, TGB menilai Tasik memiliki potensi yang luar biasa.

Sebagai pecinta kuliner, TGB pun mengaku sangat puas dengan kuliner khas Tasik yang sangat lezat. Ia menyakini hal tersebut tidak lepas dari dorongan Pemerintah Kota Tasikmalaya yang gencar melakukan sertifikasi halal MUI.

Ada sekitar 500 UKM kuliner di Tasikmalaya yang telah mendapatkan sertifikasi halal MUI. TGB pun sempat mencicipi kuliner dari salah satu UKM tersebut.

TGB menilai makanan bersertifikasi halal rasanya beda karena ada sentuhan spiritualitas. "Saya baru tahu ternyata kenapa enak tadi, karena adanya program sertifikasi halal,'' kata TGB. ''Rasanya beda, kalau kuliner ada sentuhan spiritualitas. Ada bismillah di situ, maka dapat dinikmati oleh siapapun.''

Dalam kesempatan tersebut, TGB juga memuji Tasikmalaya yang memiliki keindahan alam, penghayatan nilai-nilai keagamaan, dan banyaknya pondok pesantren. Dan, Tasikmalaya memiliki nilai tambah dengan kuatnya gerakan kewirausahaan.

"Kami perlu belajar dari Tasik. Penghayatan keagaman ada kemiripan, kondisi alam juga ada kemiripan, mayoritas penduduk yang muslim juga sama,'' katanya. ''Ada satu yang beda, di Tasik saya lihat ada gerakan kewirausahaan umat yang sangat menonjol.''

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA