Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

PT KAI Gratiskan Perjalanan Perdana KA Solo Ekspres

Kamis 17 May 2018 21:11 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Bayu Hermawan

KA Solo Ekspres, ilustrasi

KA Solo Ekspres, ilustrasi

Foto: Dok Humas Kemenhub
PT KAI menggratiskan perjalanan perdana KA Solo Ekspres selama hingga 20 Mei 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Jalur KA untuk rute Solo-Yogya-Kutoarjo akan semakin padat. Hal ini menyusul keputusan pt kai untuk mengoperasikan rangkaian KA baru di rute perjalanan tersebut.

''Dengan demikian, jumlah KA yang akan beroperasi di jalur ini ada dua rangkaian, yakni KA Prameks dan ka solo ekspres yang baru dioperasikan,'' jelas Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko, Kamis (7/5).

Ixfan mengatakan, perjalanan perdana KA Solo Ekspres dalam melayani penumpang di jalur tersebut, dilakukan mulai Kamis (17/5). KA diberangkatkan dari stasiun Solo Balapan pukul 08.40. ''KA ini akan melakukan perjalanan pulang pergi Solo-Kutoarjo sebanyak dua kali sehari,'' jelasnya.

Untuk memperkenalkan KA Solo Ekspres pada masyarakat, Ixfan menyebutkan, PT KAI akan menggratiskan tiket perjalanan KA ini selama empat hari, dari tanggal 17 Mei-20 Mei 2018. ''Tiket gratis untuk KA Solo Ekspres ini akan diberikan kepada 200 penumpang di setiap perjalanannya,'' katanya.

Ixfan menyebutkan, satu rangkaian KA Solo Ekspres terdiri dari empat kereta dengan kapasitas total 393 orang penumpang duduk dan berdiri. Pada KA ini terdapat fasilitas berupa pendingin udara, TV, USB port, dan toilet di KA ini. KA ini juga mengakomodir penumpang berkebutuhan khusus dengan adanya area untuk penumpang berkursi roda di kereta.

Untuk perjalanan perdana ini, PT KAI menyiapkan satu trainset KRDE yang akan melayani dua perjalanan rute Kutoarjo-Solobalapan dan dua perjalanan rute Solobalapan-Kutoarjo. Ke depan, perjalanan akan ditambah jika satu rangkaian KRDE lainnya sudah siap dioperasikan.

Ixfan menyebutkan, setelah masa gratis habis, maka mulai 21 Mei 2018 PT KAI masih akan menerapkan tarif promo sebesar Rp 40.000 untuk rute Stasiun Kutoarjo-Solobapalan (pp), dan Rp 30.000 untuk rute Stasiun Kutoarjo-Yogyakarta (pp) atau Stasiun Yogyakarta-Solobalapan (pp).

Namun, khusus untuk perjalanan KA ini pada masa angkutan Lebaran, antara tanggal 5-26 Juni 2018, PT KAI akan mengenakan tarif Rp 60.000 untuk rute Kutoarjo-Solobalapan (pp) dan Rp 45.000 untuk rute Stasiun Kutoarjo-Yogyakarta (pp) atau Stasiun Yogyakarta-Solobalapan (pp).


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA