Jumat, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 Desember 2019

Jumat, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 Desember 2019

Mulai Ramai, Ini yang Bisa Dilihat di Kebun Binatang Bandung

Sabtu 16 Jun 2018 09:06 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Muhammad Hafil

Seorang peserta dari personel Pemadam Kebakaran Kota Bandung mempraktikan cara menangkap kera saat mengikuti pelatihan animal rescue di Kebun Binatang Bandung, Kota Bandung, Senin (26/3).

Seorang peserta dari personel Pemadam Kebakaran Kota Bandung mempraktikan cara menangkap kera saat mengikuti pelatihan animal rescue di Kebun Binatang Bandung, Kota Bandung, Senin (26/3).

Foto: Republika/Edi Yusuf
Pengelola kebun binatang sudah berbenah sebelum lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kebun Binatang Bandung, masih menjadi tempat favorit masyarakat di Jawa Barat (Jabar) untuk berlibur. Hal itu, terlihat dengan mulai banyaknya pengunjung yang antre membeli tiket ke loket yang terserdia di Kebun Binatang Jalan Taman Sari ini. Mereka, antre membeli tiket sejak pagi hari.

"Hari ini, pengunjung Kebun Bintang mulai terlihat antredi gerbang pembelian tiket sejak pagi. Saya prediksi jumlah pengunjung hari ini minimal 15 ribu bahkan bisa mencapai 20 ribu," ujar Marketing Komunikasi Kebun Binatang Sulhan Safii kepada Republika.co.id, Sabtu (16/6).

Sulhan mengatakan, pada Hari H Lebaran, kunjungan masih rendah. Yakni, hanya 2.500 orang saja. Selain semua masyarakat sibuk bersilaturahim, setiap hari Jumat memang trend pengunjung Kebun Binatang tak sebaik Sabtu atau Ahad.

"Puncak kunjungan ke Kebun Binatang kemungkinan besok. Karena kan hari Ahad. Kalau Senin nya, tingkat kunjungan tak setinggi hari ini yang hanya sekitar 10 ribuan," katanya.

Sulhan menjelaskan, sebelum musim libur lebaran tiba, pihaknya sudah terus berbenah. Pembenahan tersebut, di antaranya mulai dari renovasi kandang satwa karnivora, penambahan wahana hingga penyempurnaan fasilitas umum.

"Kami sudah merenovasi beberapa kandang karnivora, bagian utamanya tidak diubah tapi furniturnya ditambah biar lebih menarik. Pengunjung pun bisa lebih jelas melihat binatangnya," katanya.

Jumlah kandang yang direnovasi, kata dia, totalnya ada tujuh buah. Di antaranya dua buah kandang singa, satu kandang harimau benggala, satu kandang macan tutul, dan satu kandang binturung.

"Untuk memperkaya isi kandang, diberikan kolam dan permainan di dalam kandang," katanya.

Selain itu, pengola Kebun Binatang juga menyediakan fasilitas baru berupa skywalk macan tutul. Jembatan setinggi 75 meter itu dibuat agar para pengunjung bisa melihat satwa dengan cara berbeda. Pengunjung,bisa melihat beruang dari atas kandang.

"Skywalk ini membuat pengunjung bisa melihat lebih dekat macan tutul dan beruang madu lebih dekat. Jangan khawatir, ini aman," tegasnya.

Kebun Binatang pun, kata dia, telah memperbaiki fasilitas umum seperti masjid yang sekarang dibuat menjadi lebih luas. Selain itu, disediakan bangunan tambahan di area masjid dengan teras yang bisa menampung sekitar 100 orang. Serta ada empat toilet umum yang ditambahkan pihak pengelola.

"Kami pun, membuat tempat photobooth sebanyak lima buah. Dua di lokasi kandang burung, satu di lokasi binturung, unta dan kolam ikan. Untuk foto-foto gratis," katanya.

Fasilitas lainnya yang diperbaiki, kata dia, adalah pengelola menyajikan pertunjukan satwa dengan pergerakannya yang dibuat berbeda dari pertunjukan satwa sebelumnya. Misalnya, ada pertunjukan Charlie Caplin bermain dengan anjing. Serta ada beberapa show gerakan burung. Pertunjukkan, akan berlangsung setiap hari pada10. 30 dan 14.30 WIB setiap hari.

"Kami pun punya penguhuni baru yakni ada 3 ekor rusa," katanya.

Sulhan mengatakan, Kebun Binatang Bandung sendiri menetapkan 10 hari sebagai pekan liburan dengan menerapkan harga normal.Harga tiketnya, masih tetap normal yakni Rp 40 ribu. Bahkan, terhitung mulai sejak hari pertama sampai 10 hari diberlakukan tiket terusan. Jadi, dengan adanyatiket terusan ini pengunjung bisa menikmati seluruh wahana yang disediakan.

"Misalnya, untuk bermain perahu itu tidak dikenakan biaya lagi. Semuanya sudah termasuk dalam satu tiket," katanya.

Menurut Sulhan, jam operasional Kebun Binatang Bandung mulai pukul 08.00-17.00 WIB.Untuk petugas keamanan pada siang hari akan ditambah jadi 11 orang. Sedangkan karyawan dengan pakaian kasual ada sekitar 14 orang di dalam yang disiapkan di pintu masuk dan area kandang.

Sulhan berharap, dengan pembenahan bernagai fasilitas ini, jumlah pengunjung Kebun Binatang di libur lebaran tahun ini bisa tercapai. Pengelolamenargetkan jumlah pengunjung bisa mencapai 120 ribu orang.

"Tahun lalu jumlah pengunjung mencapai 108 ribu dalam 10 hari. Untuk tahun ini kami optimis bisa meningkat jadi 120 ribu, " katanya.

Sementara menurut Salah Seoranga Pengunjung asal Limbangan-Garut , Yati Maryati, ia pergi dari Limbangan setelah shalat subuh ke Kebun Binatang Bandung. Agar, bisa sampai ke Kebun Binatang tak terlalu siang. Sehingga, bisa menghabiskan waktu cukup lama bersantai sambil melihat binatang.

"Kebun Binatang sekarang bagus ya. Jadi, saya sama keluarga berliburnya kesini bisa botram (makan bersama,red) sambil santai," katanya.

Yati mengatakan, Kebun Binatang masih menjadi tempat favorit dirinya dan keluarganya berlibur. Karena, kelima anaknya sangat senang bisa melihat berbagai binatang. Selain berlibur, bisa menambah pengetahuan mereka. Walaupun, harga tiketnya lumayan tapi sekarang di Kebun Binatang Bandung sudah berbenah dengan bagus.

"Ya, ini mah liburan edukatif tapi menyenangkan buat anak-anak dan keluarga," katanya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA