Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

KPU Medan Optimistis Pertisipasi Warga Lebih dari 50 Persen

Rabu 27 Jun 2018 15:16 WIB

Rep: Issha Haruma/ Red: Esthi Maharani

Pekerja menyiapkan kotak surat suara Pilkada untuk didistribusikan di Gudang logistik KPU Medan, Sumatera Utara, Jumat (22/6).

Pekerja menyiapkan kotak surat suara Pilkada untuk didistribusikan di Gudang logistik KPU Medan, Sumatera Utara, Jumat (22/6).

Foto: Antara/Septianda Perdana
Sumut menjadi daerah dengan tingkat partisipasi pemilih terendah se-Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- KPU Medan optimistis tingkat partisipasi pemilih di Pilgub Sumut 2018 akan meningkat dibanding Pilkada sebelumnya. Keyakinan ini muncul setelah seluruh Komisioner KPU Medan melakukan pemantauan di TPS-TPS di Medan, Rabu (27/6).

"Kami yakin tingkat partisipasi akan berada di atas 50 persen," kata Komisioner KPU Medan, Pandapotan Tamba, saat memantau TPS 1, kelurahan Merdeka, kecamatan Medan Baru.

Pandapotan mengatakan, dari beberapa TPS yang mereka pantau, antusiasme masyarakat untuk mendatangi TPS sangat tinggi. Mereka bahkan sudah tampak mengantre sejak pagi hari. Tak sedikit TPS yang dipadati oleh warga yang menunggu.

"Bukan hanya yang sudah membawa C6, tapi yang belum mendapat C6 juga sangat antusias datang dengan membawa KTP maupun surat keterangan," ujar dia.

Untuk diketahui, Sumut, khususnya kota Medan, menjadi sorotan karena menjadi daerah dengan tingkat partisipasi pemilih terendah se-Indonesia dalam Pilkada sebelumnya. KPU RI pun telah menargetkan partisipasi pemilih di Pilkada serentak 2018 ini sebesar 78 persen.

Sementara itu, pasangan calon yang bertarung di Pilgub Sumut sama-sama optimis dengan perolehan suara. Calon Wakil Gubernur Sumut nomor urut 1, Musa Rajekshah alias Ijeck mengaku berserah diri dengan hasil pemilihan hari ini. Ia mengaku memiliki tim hitung cepat internal. Mereka pun akan bersama-sama menunggu hasil kerja tim tersebut.

"Insya Allah tiga jam setelah TPS tutup, kita bisa tahu perolehan suara‎ sampai 80 persen," ujar dia.

Ijenks menyoblos di TPS 5, dekat kediamannya di kompleks Cemara Asri, Deli Serdang, Rabu (27/6) pagi. Ijeck bersama istri dan kedua anaknya kompak mengenakan pakaian berwana putih. Dengan didampingi tim pemenangan, mereka pun datang ke TPS sekitar pukul 09.00 WIB.

Sementara itu calon wakil gubernur Sihar Sitorus optimistis pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (Djoss) memenangkan Pilkada Sumatera Utara. Keyakinan itu lantaran melihat besarnya dukungan dari masyarakat.

"Kami optimistis dapat memenangkan pilkada Sumut. Apalagi saya marga Sitorus yang tentunya akan mendapat dukungan penuh dari warga Sumut," kata Sihar Sitorus menjelang memberikan hak suaranya, seperti dikutip melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu (27/6).

Sihar Sitorus memberikan hak pilihnya pada Pilkada Sumatera Utara di tempat pemungutan suara (TPS) 07, Jalan Sei Batugingging, Simpang Sei Putih, Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu. Sihar bersama istrinya Patricia serta kedua anaknya, Gabriel dan Gamaliel, datang ke TPS menjelang pukul 12:00 WIB dengan menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP).

Sihar dan kedua putranya berseragam, yakni mengenakan kemeja putih dan celana warna krem. Sementara istrinya mengenakan busana warna putih.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA