Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Pemkab Simalungun Rilis Jumlah Penumpang KM Sinar Bangun

Ahad 01 Jul 2018 16:32 WIB

Red: Ani Nursalikah

Keluarga korban tenggelamnya KM Sinar Bangun bersama warga mengikuti doa lintas agama di dermaga Tigaras, Danau Toba, Simalungun, Sumatera Utara, Minggu (1/7).

Keluarga korban tenggelamnya KM Sinar Bangun bersama warga mengikuti doa lintas agama di dermaga Tigaras, Danau Toba, Simalungun, Sumatera Utara, Minggu (1/7).

Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Data itu diperoleh dari hasil konfirmasi dengan keluarga dan korban selamat.

REPUBLIKA.CO.ID, SIMALUNGUN -- Pemerintah Kabupaten Simalungun merilis jumlah pasti penumpang dan nama kapal yang tenggelam di perairan Danau Toba kawasan Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara. Data itu disampaikan pada acara pertemuan Pemerintah Kabupaten Simalungun, Basarnas, KNKT dan PT Jasa Rahaja dengan keluarga korban di Balei Harungguan Djabanten Damanik, Pamatang Raya, Ahad (1/7).

"Semuanya 188 orang yang naik KM Sinar Bangun 6," kata Bupati Simalungun JR Saragih.

JR menjelaskan, data itu diperoleh dari hasil konfirmasi langsung dengan keluarga korban yang belum ditemukan dan korban selamat. Kapal penumpang kayu KM Sinar Bangun tenggelam dalam perjalanan dari Pelabuhan Simanindo Kabupaten Samosir menuju Tiga Ras Kabupaten Simalungun.

Sebanyak 21 orang, tiga di antaranya juru mudi dan awak kapal selamat, tiga meninggal dan 164 belum ditemukan. Korban meninggal diserahkan kepada keluarga korban setelah dilakukan proses penanganan sesuai agama yang dianut.

Sedangkan korban selamat dirawat di puskesmas dan rumah sakit sebelum kembali ke keluarganya. Santunan sebesar Rp 50 juta bagi korban meninggal telah diserahkan, termasuk tanggungan biaya berobat korban selamat. Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial juga akan memberikan santunan bagi korban selamat.

Baca juga: Ini Opsi Evakuasi Korban Sinar Bangun dari Dasar Danau Toba

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA