Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Politikus Gerindra: Menang di Pilkada tak Pengaruhi Pilpres

Rabu 04 Jul 2018 01:07 WIB

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Ratna Puspita

Nizar Zahro

Nizar Zahro

Foto: dpr
Sosok calon presiden dan calon wakil presiden akan lebih mempengaruhi masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Pengurus Pusat Partai Gerindra Nizar Zahro menilai kemenangan calon dari partai politik pada Pilkada Serentak 2018 lalu tidak secara langsung bisa berimplikasi pada kemenangan calon presiden yang diusung partai politik serupa. Sebab, sosok calon presiden dan calon wakil presiden akan lebih mempengaruhi pilihan masyarakat dibandingkan partai politik.

"Asumsi bahwa mereka yang memanangkan pilkada bisa langsung menang (dalam Pilpres) ini, belum tentu," ujar Nizar dalam diskusi 'Utak-atik Capres-Cawapres Pascapilkada Serentak 2018', Selasa (3/7).

Pilkada, lanjut Nizar, memang memperlihatkan peta politik di setiap daerah. Karena itu, ia mengatakan, pilkada dapat menjadi langkah awal dalam memanaskan mesin politik di setiap daerah menjelang Pilpes. 

Pilkada pun kerap dijadikan referensi partai politik untuk memastikan berapa banyak warga yang nantinya akan memilih calon presiden yang dicalonkan pihak partai. Kendati demikian, tidak ada yang dapat memastikan bahwa capres-cawapres yang diusung oleh partai tertentu bakal kalah hanya lantaran kandidat kepala daerah partai tersebut kalah pada pilkada. 

Karena itu, ia mengatakan, Gerindra tidak khawatir meski tidak memenangkan banyak calonnya pada Pilkada Serentak 2018 lalu. Nizar mengatakan, partainya akan mencari calon wakil presiden yang cocok mendampingi ketua umum Gerindra, Prabowo, sebagai bakal calon presiden.

"Tujuannya mengalahkan secara hormat calon incumbent yang sekarang (Jokowi)," ujarnya.

Namun hingga saat ini, Gerindra masih mencari dan menimbang sejumlah nama yang dipantau oleh Gerindra. Masih ada sekitar 30 hari lagi untuk setiap partai, termasuk Gerindra, menentukan arah koalisi dan menetapkan bakal calon presiden dan wakil presiden. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA