Kamis, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Kamis, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Solo Kembangkan Aplikasi Konseling Untuk ASN

Rabu 04 Jul 2018 10:13 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani

Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Foto: pesatnews.com
Pemkot Solo mulai mengembangkan aplikasi khusus untuk konseling daring.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Pemerintah Kota Solo punya cara yang berbeda dalam membantu memberikan solusi terhadap permasalahan personal yang dihadapi tiap Aparatur Sipil Negara (ASN). Jika sebelum-sebelumnya para ASN datang langsung ke Konselor maupun Psikolog yang disiapkan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah untuk melalukan proses konseling, namun hal tersebut kini bisa melalui cara lain. Pemkot Solo mulai mengembangkan aplikasi khusus untuk konseling daring.

Melalui aplikasi tersebut diharapkan mempermudah ASN yang ingin berkonsultasi tentang masalah-masalah yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari. “Iya kita berharap aplikasi layanan konseling ini bisa mempermudah pegawai berkonsultasi terkait masalah yang dialaminya. Jadi bisa berkonsultasi tanpa harus datang ke BKPPD,” tutur Kepala BKPPD Kota Solo, Rakhmat Sutomo pada Rabu (4/7).

Aplikasi khusus untuk konseling daring itu pun diberi nama Klik On. Rakhmat menjelaskan ASN dapat dengan mudah mengakses layanan konseling daring melalui smartphone android maupun dengan mengunjungi situs Badan Kepegawaian Daerah Kota Solo.

Untuk mengakses layanan konseling berbasis daring tersebut ASN perlu masuk dengan menggunakan pasword sesuai portal kepegawaian yang dimiliki tiap ASN. Ia meyakini layanan konseling daring tersebut dapat bermanfaat untuk membantu pegawai dalam menyelesaikan masalahnya. Untuk itu BKPPD Kota Solo pun mulai gencar mensosialisasikan layanan tersebut pada tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Ini sangat penting bagi ASN untuk deteksi dini dsn rekam medik ASN yang berpotensi memiliki masalah psikologis. Ini juga upaya untuk meminimalisir pelanggaran terkait disiplin ASN,” katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA