Saturday, 19 Rabiul Awwal 1441 / 16 November 2019

Saturday, 19 Rabiul Awwal 1441 / 16 November 2019

Sudirman: 42 Persen di Jateng Modal Pilpres untuk Muhaimin

Rabu 04 Jul 2018 16:06 WIB

Red: Ratna Puspita

Calon Gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said

Calon Gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said

Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Muhaimin meminta bantuan Sudirman dan Ida Fauziyah menjaga perolehan suara itu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said, mengatakan, perolehan 42 persen suara di Jawa Tengah bukan modal yang buruk bagi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar. Pria yang karib disapa Cak Imin itu berencana maju pada Pilpres 2019.

"Saya sampaikan secara guyon (kelakar), 42 persen bukan modal yang buruk bagi Cak Imin untuk pencapresan atau pencawapresan,” kata Sudirman usai bertemu dengan Cak Imin di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Rabu (4/7).

Ia berjanji akan menjaga suara tersebut di Jateng. Tidak hanya itu, ia berharap, PKB akan meneruskan koalisi pada Pilkada Jateng ke Pilpres 2019. Pada Pilkada Jateng, Sudirman dan pasangannya, Ida Fauziyah, diusung oleh PKB, Partai Gerindra, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). 

Menurut dia, Cak Imin juga menyarankan agar jaringan dan relawan yang sudah ada di Jawa Tengah agar dirawat dengan baik. Sebab, jaringan dan relawan itu akan memperkuat basis pemilih PKB di Jateng.

Pascapilkada serentak, Sudirman mengaku akan terus berkecimpung di dunia politik, tetapi tidak harus menjadi calon legislatif. "Saya membantu Cak Imin maju di pilpres saja nanti,” kata dia. 

Sudirman mengaku banyak partai ingin mencalonkannya sebagai legislator. Namun, menurut dia, maju sebagai calon anggota legislatif harus memiliki pertimbangan yang matang. 

“Saya kira akan baik kalau saya bisa membantu semua partai untuk menempuh agenda-agenda lain ke depan," tuturnya.

Sementara itu, Cak Imin mengatakan, perolehan 42 persen suara yang diraih Sudirman-Ida Fauziyah merupakan prestasi yang baik. Cak Imin pun berharap Sudirman dan Ida menjaga komunikasi dengan para pendukung dan relawan.

“Tentu suatu hari saya jadi maju di Pilpres 2019, saya akan minta bantuan untuk menopang kekuatan kita. Perolehan 42 persen membuat kita optimistis untuk maju," ucap Cak Imin.

Mengenai arah koalisi partai-partai ke depannya, kata dia, saat ini rencana koalisi masih dalam proses dan masih berlangsung. "Sore ini saya akan bertemu Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto. Apa yang terjadi, saya belum tahu. Semua masih mungkin terjadi," ujarnya.

Menurut dia, pertemuan dengan sekjen partai-partai koalisi pemerintah masih terus dilakukan agar memperoleh titik temu yang pas. Ketika ditanyakan bantuan yang diminta seperti apa mengingat Cagub Jateng Sudirman Said-Cawagub Jateng Ida Fauziyah didukung oleh PKB, Partai Gerindra, PKS dan PAN, tambah Cak Imin, yang terpenting bisa menjaga komunikasi.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA